Ganjar-TGB Zainul Majdi Tunjukkan Kedekatan Mendalam selama di Lombok

Senin, 19 Juni 2023 - 16:01 WIB
loading...
Ganjar-TGB Zainul Majdi Tunjukkan Kedekatan Mendalam selama di Lombok
Bacapres Indonesia Ganjar Pranowo saat disopiri Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi selama berada di Lombok, NTB. Foto/MPI
A A A
LOMBOK - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menunjukkan kedekatan hubungan dengan Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi selama berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).



Politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu disopiri oleh TGB mulai dari Rumah Makan Langko menuju Kantor DPW Partai Perindo NTB, kemudian berlanjut hingga menuju Lombok Timur, bahkan sampai menuju bandara.



Pakar Komunikasi UIN Mataram Prof Dr Kadri M Saleh mengatakan, dalam komunikasi dikenal istilah proksemik yang berbicara tentang jarak dalam berkomunikasi. Ada juga istilah space communication atau komunikasi ruang.

"Fenomena TGB menjadi sopirnya Ganjar mengindikasikan kedekatan hubungan keduanya," katanya, Senin (19/6/2023).

Semobil, kata Kadri, adalah ruang kedekatan yang mereka ciptakan tanpa jarak. Dijelaskan, pakar komunikasi, Edward T. Hall membagi empat jarak komunikasi yaitu jarak publik, jarak sosial, jarak pribadi, dan jarak intim.

"TGB menjadi sopirnya Ganjar dapat dikategorikan sebagai jarak intim dan jarak pribadi yang dibuat oleh keduanya," sambungnya.



Lebih lanjut, Kadri menilai kedua politisi ini membangun ruang komunikasi yang tidak berjarak. Keduanya memiliki chemystri politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)