Tiba-tiba Datangi Pemain Gamelan Bali, Ini yang Dilakukan Megawati Soekarnoputri

Jum'at, 16 Juni 2023 - 22:00 WIB
loading...
Tiba-tiba Datangi Pemain Gamelan Bali, Ini yang Dilakukan Megawati Soekarnoputri
Presiden ke lima Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengajarkan cara memainkan gamelan Bali. Foto/Ist.
A A A
DENPASAR - Momen langka terjadi saat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, I Wayan Koster menandatangani kerjasama kebudayaan. Presiden ke lima Indonesia, Megawati Soekarnoputri yang hadir dalam acara tersebut, tiba-tiba mendatangi para pemain gamelan Bali, yang sedang bermain.



Sejak acara berlangsung, Megawati beberapa kali melirik ke arah para pemain gamelan Bali. Kebetulan, belasan anak muda pemain gamelan itu duduk di sebelah kiri Megawati yang menghadap ke panggung.



Begitu penandatanganan kerjasama selesai, dan dilanjutkan sesi foto bersama, Megawati bukannya beranjak ke luar ruangan. Dia justru berjalan ke arah para pemain gamelan. Lalu meminta mereka memainkan alunan musik tradisional Bali. Kecapi dipetik, seruling ditiup, gendang dipukul, dan gamelan ditabuh.



Megawati memperhatikan betul cara mereka bermain gamelan Bali. Baru beberapa lama gamelan dimainkan, Megawati memberikan perintah. Dia meminta pemain gendang lebih mengangkat lengannya saat memukul alat musik. Begitu juga kepada pemusik perempuan yang memainkan gamelan, Megawati memintanya agar lebih bersemangat dan luwes memainkan tangannya. "Nah begitu," katanya.

Selanjutnya Megawati lalu beralih ke peniup seruling. Dia mengarahkan pemain seruling, agar sambil meniup juga menggerakkan tubuh dan badannya sesuai alunan nada yang dimainkan. Tampak Megawati menirukan gerakan yang ia inginkan, untuk ditiru oleh peniup seruling.

Namun Megawati tampaknya masih merasa harmoni musik belum sempurna. Penyebabnya adalah seorang pemain gendang yang kebetulan berada di dekat Megawati. "Enggak, enggak begitu," timpal Megawati, dan minta agar musik dihentikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)