Tingkatkan Penghasilan Warga, Kiai Muda Jatim Praktik Pengolahan Bandeng

Jum'at, 16 Juni 2023 - 09:49 WIB
loading...
Tingkatkan Penghasilan Warga, Kiai Muda Jatim Praktik Pengolahan Bandeng
Relawan Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan praktik pembuatan otak-otak bandeng di Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Kamis (15/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MOJOKERTO - Relawan Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan praktik pembuatan otak-otak bandeng di Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini untuk membuka peluang bisnis dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Korwil Kiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan potensi perikanan Sungai Brantas yang melintasi Kabupaten Mojokerto. ”Kita mendorong warga untuk memiliki penghasilan tambahan melalui pelatihan pembuatan olahan ikan air tawar, khususnya ikan bandeng untuk menjadi produk jualan,” kata Gus Ali di Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Kamis (15/6/2023).

Dia mencontohkan otak-otak ikan bandeng yang berpotensi untuk menjadi produk kebanggaan warga desa. Dengan adanya pelatihan pembuatan olahan itu, diharapkan masyarakat juga dapat berkontribusi untuk memberikan pemasukan bagi keluarga.

"Bagaimana mereka membuat nilai tambah dari hasil tambah dari hasil perikanan menjadi sebuah olahan. Kebetulan mereka menginginkan adanya pelatihan atau pemanfaatan untuk menjadi olahan bernilai tinggi," jelasnya.

Dalam pelatihan itu, ibu-ibu diminta mempraktikkan langsung proses pembuatan otak-otak bandeng. Pada kesempatan itu, Kiai Muda Jatim juga memberikan bantuan berupa kompor dan subluk untuk mendukung kegiatan warga.

Kegiatan ini juga sebagai media sosialisasi sosok Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.
Menurut Gus Ali, sosok Ganjar telah banyak memberikan inspirasi kepada banyak orang, khususnya Kiai Muda Jatim untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat.

Kiai Muda Jatim akan terus menularkan semangat tersebut ke masyarakat, sekaligus menyuarakan Ganjar Pranowo Presiden 2024. "Harapan kita yaitu Pak Ganjar Pranowo sebagai panutan kita yang membuat kita bisa bergerak ke sana ke sini, membuat ide ke rakyat dan sebagainya, bisa menjadi Presiden Indonesia," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)