Sambut Pesta Demokrasi 2024, Santri Harus Jadi Pelopor Persatuan Bangsa

Selasa, 13 Juni 2023 - 11:22 WIB
loading...
Sambut Pesta Demokrasi 2024, Santri Harus Jadi Pelopor Persatuan Bangsa
SDG Jatim mengikuti Sarasehan Santri untuk Negeri di Ponpes Miftahurrohim, Desa Pinggir, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Senin (12/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GRESIK - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jatim mendorong peran santri menjadi pelopor menjaga stabilitas NKRI dan mencegah perpecahan, khususnya jelang pesta demokrasi serentak 2024. Dalam sejarahnya, kaum santri telah banyak berperan menjaga kedamaian dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada era modern ini, para santri diharapkan dapat merefleksikan perjuangan di masa lalu dengan menangkal berbagai potensi ancaman yang dapat mengganggu keutuhan NKRI. "Kemudian menjadikan proses pemilu ini damai, adil, jujur," kata Korwil SDG Jatim Huriyahi dalam Sarasehan Santri untuk Negeri di Ponpes Miftahurrohim, Desa Pinggir, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Senin (12/6/2023).

Huriyahi menyebut santri juga sepatutnya menjadi pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi beragama pada kehidupan bermasyarakat. Dengan intelektual dan wawasan keagamaan serta jiwa sosialnya, kaum santri mampu menciptakan toleransi dan kerukunan beragama dalam skala nasional dan global.

Demi mewujudkan hal tersebut, loyalis Ganjar Pranowo itu berkomitmen memberi ruang serta menambah wawasan para santri dengan berbagai kegiatan positif. "Kami lakukan kegiatan-kegiatan di wilayah Jawa Timur khususnya pada sektor santri, pesantren, lembaga pendidikan dan majelis taklim," ujarnya.

Di sela-sela acara, SDG Jatim memperkenalkan figur Ganjar Pranowo. Dia merupakan pemimpin yang peduli terhadap kaum santri, ulama dan pondok pesantren, serta memiliki aksi nyata mewujudkan moderasi beragama di Jateng.

Pimpinan Ponpes Miftahurrohim Kiai Abdurrohim Nasrullah berpesan agar santri senantiasa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, terlebih dalam menghadapi pemilu 2024. "Kita berkomitmen bersatu untuk satu keutuhan NKRI," kata Kiai Abdurrohim.

SDG Jatim membantu pengembangan Ponpes Miftahurrohim dengan penyerahan bantuan untuk menyelesaikan pembangunan asrama santri putra.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)