Program Magang ke Jepang, Ganjar Genjot Penyerapan Tenaga Kerja SMK

Senin, 12 Juni 2023 - 18:53 WIB
loading...
Program Magang ke Jepang, Ganjar Genjot Penyerapan Tenaga Kerja SMK
Ganjar Pranowo menyalami peserta saat Pembukaan Seleksi Magang Jepang Tahun 2023 di Halaman Kantor Disnakertrans Jateng, Semarang, Senin (12/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mendorong penyerapan tenaga kerja lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Salah satunya lewat program magang ke Jepang.

“Ini kegiatan bagaimana kita mencoba membuka ruang seluas-luasnya agar anak-anak kita bisa bekerja di seluruh dunia,” kata Ganjar usai memberikan arahan pada Pembukaan Seleksi Magang Jepang Tahun 2023 di Halaman Kantor Disnakertrans Provinsi Jateng, Kota Semarang, Jateng, Senin (12/6/2023).

Program magang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng. Seleksi penerimaan dilakukan secara ketat lewat tes pengetahuan, mata, kesamaptaan, ketahanan fisik, hingga wawancara.

Tahun ini program magang diikuti 550 pendaftar dengan waktu seleksi selama lima hari, dari 12-16 Juni 2023. Nantinya peserta yang lulus seleksi akan magang di sejumlah perusahan Jepang dari berbagai sektor industri teknik. Seperti manufaktur, mesin, hingga energi.

Program magang ke Jepang ini diharapkan dapat membekali para siswa agar siap masuk ke dunia kerja. Khususnya pengalaman di industri-industri terbaik di luar negeri.

“Rata-rata yang mereka punya pengalaman luar (negeri) nilai tambahnya banyak sekali. Ini adalah cara kita mendorong anak-anak kita pada usia kerja betul-betul kita bisa mendapatkan kesempatan itu,” tandasnya.

Sebagai informasi, Ganjar tengah menggenjot penyerapan tenaga kerja SMK sederajat dengan metode link and match industry. Baik di dalam maupun luar negeri. Hasilnya, 170.757 tenaga kerja SMK sudah terserap berbagai perusahaan sepanjang 2022 lalu.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2696 seconds (0.1#10.140)