Lestarikan Budaya Tradisional, Sumenep Gelar Parade Musik Tong-Tong

Minggu, 11 Juni 2023 - 06:29 WIB
loading...
Lestarikan Budaya Tradisional, Sumenep Gelar Parade Musik Tong-Tong
Ribuan warga Sumenep antusias menyaksikan parade Musik Tong-tong yang berlangsung Sabtu (10/6/2023) malam.
A A A
SUMENEP - Ribuan warga Sumenep antusias menyaksikan parade Musik Tong-tong yang berlangsung Sabtu (10/6/2023) malam. Mereka berdiri berjejer di depan rumah dinas (Rumdis) Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan sepanjang jalan, menikmati alunan musik tradisional kebanggaan warga di ujung timur pulau Madura itu.

Dari pantauan, parade Musik Tong-tong itu dilepas dari Rumdis Bupati pada pukul 19.00 WIB. Ada enam grup musik Tong-tong berjalan sambil menyanyikan lagu tradisional.

Keenam grup musik itu adalah Lanceng Kermata, Gong Mania, Putra Sindingpuri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam. Warga yang menyaksikan pun terlihat terbawa suasana. Sebagaian ikut berjoget, menikmati merduanya alunan musik Tong-tong.

Baca juga: Tragis! Korban Carok di Bangkalan Bertambah, Total 2 Orang Tewas

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, parade Musik Tong-tong digelar untuk melestarikan budaya tradisional di wilayahnya. Acara itu masuk dalam Kalender Event Sumenep 2023 yang digelar sampai akhir Desember mendatang.

“Kami berkomitmen melestarikan budaya tradisional. Musik Tong-tong ini merupakan kebanggan warga dan harus dilestarikan sampai generasi mendatang,” katanya.

Menurutnya, Parade Musik Tong-tong juga menjadi wadah untuk mengenalkan dan melestarikan musik tradisional, kepada masyarakat Sumenep, khususnya bagi anak-anak yang masih berusia dini.

"Kami tentu mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan begini, juga dapat melestarikan musik tradisional kan," jelasnya.

Ditambahkan Fauzi, selain melestarikan budaya lokal, kalender Event 2023 yang didalamnya ada 61 kegiatan pariwisata itu diharapkan mampu memberdayakan sektor UMKM dan mendongkrak perekonomian warga Sumenep. Pasalnya, dengan banyaknya event, maka kunjungan wisatawan ke Sumenep akan meningkat dan memberdayakan warga di pedesaan.

“Kami optimistis nantinya perekonomian di Sumenep akan naik, karena banyak sektor tenaga kerja yang terserap ketika kunjungan wisata di wilayah kami meningkat,” pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)