Cegah Abrasi Pantai, Masyarakat dan Pemerintah Gencar Tanam Mangrove

Kamis, 08 Juni 2023 - 10:13 WIB
loading...
Cegah Abrasi Pantai, Masyarakat dan Pemerintah Gencar Tanam Mangrove
Guna mencegah abrasi serta melakukan penghijauan, penanaman mangrove harus terus digencarkan. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Guna mencegah abrasi serta melakukan penghijauan, penanaman mangrove harus terus digencarkan. Seperti yang dilakukan Kodim 1014/Pbn yang melakukan penanaman mangrove dengan melibatkan komponen masyarakat.

Kegiatan tersebut mendapat apresia dari kalangan DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman mengatakan, penanaman mangrove ini penting, karena merupakan salah satu langkah pencegahan demi mewujudkan dan menyelamatkan alam.

"Belum lama ini, saya mengikuti kegiatan penanaman Mangrove yang digelar oleh Kodim 1014/ Pbn, serta komponen masyarakat di Pantai Keraya. Saya sangat mendukung kegiatan yang fokus pada pelestarian lingkungan tersebut," kata Bambang Suherman, Kamis 8 Juni 2023.

Ia berharap dengan kegiatan itu, semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Seperti diketahui bersama, mangrove bisa menjaga ekosistem pesisir dengan baik untuk menangkal abrasi. Serta menjadi tempat tinggal biota laut, seperti kepiting dan lainnya.

"Tentu, DPRD mendorong agar dukungan sumber daya alam kita lebih baik lagi. Menanam mangrove adalah langkah yang strategis di kawasan pesisir pantai kita yang melimpah SDA. Diharapkan, masyarakat bisa tumbuh kesadaran untuk menjaga lingkungan masing-masing," sebutnya.

Bambang menambahkan, jika lingkungan seringkali terabaikan dan akan teringat saat terjadi bencana. Seperti di Pesisir Pantai Keraya ini ancaman Rob selalu terjadi, sehingga persoalan lingkungan butuh perhatian lebih serius.

"Maka dengan penanaman Mangrove ini akan dapat mencegah banjir Rob. Kemudian, setelah ditanam, maka giliran masyarakat untuk menjaga dan merawatnya. Tentu ini perlu kepedulian kita bersama dalam menjaga lingkungan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)