Terjatuh ke Laut, Nelayan Asahan Ditemukan Tewas Setelah 2 Hari Hilang

Kamis, 08 Juni 2023 - 07:50 WIB
loading...
Terjatuh ke Laut, Nelayan Asahan Ditemukan Tewas Setelah 2 Hari Hilang
Proses evakuasi jasad korban dari air / tangkapan layar dokumentasi Basarnas Medan. Foto SINDOnews
A A A
ASAHAN - Syamsul Bahri (58), seorang nelayan asal Desa Bagan Asahan Baru, Tanjungbalai, Asahan, Sumatera Utara, ditemukan tewas di sekitar Muara Bagan Lampu Merah Perairan Asahan pada Rabu (7/6/2023) sore tadi. Dua ari sebelumnya, Selasa (6/6/2023) Syamsul dinyatakan hilang setelah jatuh dari perahu.



Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Medan, Budiono, membenarkan adanya penemuan mayat nelayan tersebut. Budiono menyebut jasadnya Syamsul ditemukan sekitar 13 NM dari lokasi awal korban dinyatakan hilang.

"Iya benar, nelayan yang hilang di Perairan Asahan kemarins sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 14:55 WIB tadi. Korban atas nama Syamsul Bahri. Jasadnya sudah kita evakuasi ke Dermaga Pelabuhan Panton, Tanjungbalai Asahan dan lalu diserahkan kepada keluarga korban yang sudah menunggu di dermaga tersebut," kata Budiono.

Budiono menjelaskan, insiden tewasnya korban bermula ketika pada Selasa, 6 Juni 2023 sekitar pukul 6.00 WIB, Syamsul berangkat dari rumahnya menuju laut menggunakan perahu kayu untuk menjaring ikan.

Sekitar pukul 8.00 WIB salah seorang nelayan yang mengenali perahu Syamsul melihat perahu Syamsul terombang-ambing di laut. Sementara Syamsul tak ada di perahu tersebut.

Atas penemuan tersebut kemudian nelayan itu melaporkan kejadian tersebut ke pihak keluarga yang berada di darat dan diteruskan ke Pos SAR Tanjung Balai Asahan.

Pos SAR Asahan yang menerima laporan itu kemudian langsung mengerahkan personel bersama Kapal SAR KN Sanjaya 248 untuk berangkat menuju lokasi guna melakukan pencarian.

"Dengan telah ditemukannya jasad korban, maka seluruh operasi pencarian kita hentikan. Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses pencarian dan evakuasi korban," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)