Kampanyekan Ekofeminisme, Milenial di Cianjur Diajak Peduli Lingkungan

Minggu, 04 Juni 2023 - 12:27 WIB
loading...
Kampanyekan Ekofeminisme, Milenial di Cianjur Diajak Peduli Lingkungan
Relawan Srikandi bersama Forum Cianjur Asri mengadakan Gerakan Menanam Pohon Sengon di Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Sabtu (3/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIANJUR - Relawan Srikandi bersama Forum Cianjur Asri mengadakan kegiatan Gerakan Menanam Pohon Sengon di Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dalam rangka mengkampanyekan gerakan Ekofeminisme.

Korda Srikandi Ganjar Cianjur Maya Sifa Wafa prihatin dengan kerusakan lingkungan dan kondisi alam rawan bencana yang kerap terjadi di Cianjur selama ini. Menurutnya, banyak terjadi praktik perusakan alam akibat pembangunan kawasan industri secara masif serta kondisi alam Cianjur yang rawan bencana.

"Maraknya pembangunan kawasan industri di Cianjur memberikan risiko pencemaran polusi udara. Begitupun daerah Cianjur Selatan yang rawan akan longsor. Maka dari itu, dengan kondisi alam Cianjur yang memprihatinkan tersebut kami mengusahakan untuk ikut andil dalam pemeliharaan lingkungan agar anak cucu kami nanti masih bisa menghirup udara yang sehat," kata Maya, Sabtu (3/6/2023).

Maya menuturkan pada 1970-an, para ahli ekofeminis menyatakan segala bentuk kerusakan alam hanya dapat disembuhkan oleh naluri feminin untuk memelihara. Peran sosial tradisional perempuan sebagai pengasuh, penyayang, maupun pemelihara memiliki keterkaitan atau kolerasi yang sangat erat dengan alam secara khusus.

"Gerakan penanaman pohon sengon ini merupakan bukti nyata dari penanaman ideologi feminis untuk menjaga lingkungan agar Cianjur menjadi daerah yang asri serta terhindar dari bencara banjir ataupun longsor," ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat terutama perempuan untuk menumbuhkan naluri feminism. Ini berguna menciptakan kelestarian pada lingkungan dan merawat ekosistem di Cianjur.

Srikandi Ganjar merasa bertanggung jawab atas kondisi lingkungan selama ini. Mereka kerap berdiskusi dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi.

"Hampir seluruh peserta hari ini merupakan mahasiwa yang memiliki tanggung jawab atau agent of change sehingga pengetahuan dan gerakannya akan sangat dibutuhkan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Ke depan Srikandi Ganjar akan terus berkonsolidasi dan mengkampanyekan gerakana menjaga lingkungan untuk memperkuat kesadaran masyarakat. "Selanjutnya kami akan bersih-bersih di Pantai Sereg Kecamatan Sindangbarang," ujarnya.

Maya berharap Ganjar Pranowo bisa menjawab tantangan dan isu lingkungan dalam kepemimpinannya di masa depan. "Dengan adanya kegiatan hari ini tentunya Srikandi berharap bahwa isu lingkungan bisa menjadi fokus utama Pak Ganjar dalam mencalonkan diri menjadi Presiden," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)