Momen Libur Panjang, Wisatawan Padati Candi Gedongsongo di Semarang

Jum'at, 02 Juni 2023 - 12:30 WIB
loading...
Momen Libur Panjang, Wisatawan Padati Candi Gedongsongo di Semarang
Sejumlah wisatawan saat mengunjungi salah candi di komplek objek wisata Candi Gedongsongo, Bandungan, Kabupaten Semarang. Foto/IST
A A A
SEMARANG - Momen liburan Hari Raya Waisak dimanfaatkan warga untuk mengunjungi tempat rekreasi. Salah satunya, objek wisata Candi Gedongsongo yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Canti ini dibanjiri wisatawan domestik dari berbagai daerah. Mereka berwisata ke candi sekaligus menikmati panorama alam yang asri.

Salah seorang pengunjung Menik (50) asal Lampung Tengah, Lampung menuturkan, dari informasi yang perolehnya, candi yang terletak di lereng Gunung Ungaran ini, memiliki nilai sejarah. Selain itu, panorama alamnya juga indah.



"Makanya mumpung lagi nengok saudara di Jawa, saya sempatkan waktu untuk melihat langsung Candi Gedongsongo. Ternyata panorama alamnya memang masih asri dan udaranya sangat sejuk. Di Lampung tidak ada objek wisata seperti ini," tuturnya, Jumat (2/6/2023).

Sesuai namanya, di komplek objek wisata ini terdapat sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran. Jarak antara satu candi dengan yang lainnya cukup jauh dengan medan jalan yang menanjak.

"Memang jarak antara satu candi dengan yang lain cukup jauh. Apa lagi untuk menuju candi ke sembilan, membutuhkan ekstra tenaga. Tapi saya lihat ada persewaan kuda, jadi tidak begitu capek untuk menuju candi sembilan," ujarnya.

Menurutnya, dalam perjalanan menuju candi ke sembilan, pemandangan alamnya eksotis dan udaranya sangat sejuk. Sehingga perjalanan tidak membosankan. "Sebelum candi sembilan, juga terdapat pemandian air hangat alami (air belerang). Tadi kita sengaja istirahat di pemandian untuk cuci muka," ujarnya.
Dia mengatakan, dalam perjalanan menuju Candi Songo, kusir kuda juga menceritakan sejarah Candi Gedongsongo. Sehingga pengunjung bisa mengetahui sejarah candi tersebut. "Berdasarkan cerita tadi Candi Gedongsongo merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra. Ini menambah pengetahuan sejarah pengunjung," ucapnya.

Diketahui, Candi Gedongsongo merupakan salah objek wisata unggulan di Kabupaten Semarang. Objek wisata ini, telah mengalami beberapa pengembangan serta peningkatan saranan dan prasarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik di Kabupaten Semarang.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)