Kereta Api Banyubiru Rute Semarang-Solo Beroperasi, Segini Tarifnya

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:00 WIB
loading...
Kereta Api Banyubiru Rute Semarang-Solo Beroperasi, Segini Tarifnya
Kereta api (KA) Banyubiru rute Semarang-Solo PP diluncurkan pad Hari Kelahiran Pancasila di Stasiun Tawang, Semarang. Foto/iNews TV/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - PT KAI meluncurkan kereta api (KA) Banyubiru rute Semarang-Solo PP bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2023. Guna menarik perhatian masyarakat disediakan tarif ekonomi promo Rp20.000 dan tarif eksekutif promo Rp30.000 selama Juni.

Selain KA Banyubiru, terdapat 4 KA lain yang diluncurkan secara serentak pada 1 Juni 2023. Peluncuran dilakukan di 4 stasiun yaitu Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.


Rinciannya, peluncuran KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang - Gambir PP dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang - Solo Balapan PP diresmikan di Stasiun Semarang Tawang.

Peluncuran KA Manahan relasi Solo Balapan - Gambir pp diresmikan di Stasiun Solo Balapan, peluncuran KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir PP diresmikan di Stasiun Surabaya Gubeng, dan peluncuran KA Pandalungan relasi Jember - Gambir PP diresmikan di Stasiun Jember.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran 5 kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023. Banyak kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

“Semoga dengan adanya launching 5 KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui kereta api. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” kata Didiek saat meresmikan peluncuran kereta api di Stasiun Semarang Tawang, Kamis (1/6/2023).


Didiek menambahkan, KAI terus melakukan adaptasi dan memberikan solusi-solusi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Perwujudan ketepatan waktu perjalanan kereta api tidak bisa tercapai tanpa dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang terus membangun prasarana kereta api lebih baik lagi.

Saat ini KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif berkapasitas 450 tempat duduk, serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi berkapasitas 432 tempat duduk atau 3 gerbong eksekutif dan 6 gerbong ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk.

Pada tahap awal atau selama bulan Juni 2023, KA Pandalungan beroperasi pada hari Kamis hingga Senin, KA Banyubiru beroperasi pada hari Kamis hingga Minggu, dan KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Adapun KA Manahan beroperasi secara fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pangsa pasar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)