Serius Antisipasi Krisis Air, Menhan Prabowo Subianto Resmikan Total 31 Sumber Air di NTB

Kamis, 01 Juni 2023 - 17:20 WIB
loading...
Serius Antisipasi Krisis Air, Menhan Prabowo Subianto Resmikan Total 31 Sumber Air di NTB
Menhan Prabowo Subianto meresmikan total 31 titik sumber air di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai langkah serius untuk mengantisipasi ancaman krisis air. Foto/Ist
A A A
SUMBAWA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan total 31 titik sumber air di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai langkah serius untuk mengantisipasi ancaman krisis air. Terbaru adalah 11 sumber air bersih di Sumbawa yang diresmikan akhir pekan lalu.

Sedangkan sebelumnya, 20 titik sumur bor telah diresmikan di Dusun Kampih, Desa Teruwai, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah pada Februari 2023 lalu.



Prabowo menegaskan bahwa program pencarian titik sumur bor ini adalah solusi bagi daerah yang mengalami kekeringan atau kesulitan air. Program ini adalah kerja sama antara Kementerian Pertahanan, pakar Universitas Pertahanan dan pemerintah setempat.

“Air adalah sumber kehidupan yang utama bagi seluruh masyarakat. Dengan ditemukannya beberapa sumber mata air baru ini, tentu dapat mengurangi krisis air bersih di wilayah timur Indonesia,” katanya.

Prabowo menjelaskan di setiap satu titik pembangunan sumur bor tersebut terdapat dua tandon yang masing-masing berisi 5.500 liter air.

Rincian 20 titik sumber air di Pulau Lombok tersebar di Lombok Timur 9 titik, Lombok Tengah 7 titik, dan Lombok Utara 4 titik.



Adapun 11 titik sumber air di Pulau Sumbawa tersebar di Sumbawa Barat 2 titik, Sumbawa Besar 3 titik, Dompu 2 titik dan Bima 3 titik.

Prabowo pun masih terus berupaya menambah sumber air lagi dengan terus mencari dan mengarahkan tim guna mencoba teknik baru untuk mencari sumber air bersih di lepas pantai.

“Saya sampaikan kepada seluruh TNI Polri melalui Babinsa dan Kades yang ada di pantai biasanya turun temurun mereka tahu di mana ada titik keluar air bersih. Biasanya dari pantai jaraknya 100 meter sampai 1 kilometer. Ini potensi sangat besar dan sudah kita coba di Lombok Timur,” kata Prabowo.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)