Ada Siklon Mawar, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di DIY

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:45 WIB
loading...
Ada Siklon Mawar, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di DIY
Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY meminta warga agar mewaspadai potensi gelombang laut tinggi di perairan Yogyakarta. Hal ini dipicu adanya siklon Tropis Mawar. Foto ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) DIY meminta warga agar mewaspadai potensi gelombang tinggi di perairan Yogyakarta. Hal ini dipicu adanya siklon Tropis Mawar.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono mengatakan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta mengidentifikasi adanya siklon Tropis Mawar.



Siklon ini berada di Samudra Pasifik Timur Taiwan, sehingga membentuk daerah belokan angin (shearline) di Wilayah Indonesia sepanjang Equator.

"Pola angin di Wilayah Jawa dan khususnya DIY bertiup angin dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan berkisar 10-30 km/jam (realatif kencang)," ungkap Warjono, Kamis (1/6/2023).

Ini akan memicu terjadiya gelombang tinggi di perairan Yogyakarta berkisar antara 2.5-4.0 meter atau kategori tinggi pada Kamis (1/6/2023).

Secara umum kondisi cuaca di pagi hari cerah berawan. Siang-sore hari akan cerah berawan dan malam hari berawan dan dini hari cerah berawan.

Suhu udara berkisar 22-32 °C dengan kelembapan udara 60-93 %. Angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan maksimum 28 km/jam.
Dari pantauan profil vertikal kelembapan udara pada ketinggian 1.5 km (level 850 mb) berkisar antara 75-90 % (cukup basah), kemudian pada ketinggian 3 km dan 5.5 km (level 700 & 500 mb) berkisar antara 30-50 % (cukup kering).

Kondisi tersebut menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY kurang signifikan. Mempertimbangkan hal tersebut, maka pada umumnya cuaca periode tgl. 1-3 Juni 2023 di DIY cerah-berawan

Untuk itu, BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi gelombang laut yang tinggi di perairan DIY
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)