3 Ratu Tercantik di Kerajaan Nusantara, Salah Satunya Selamatkan Majapahit dari Kekacauan

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:47 WIB
loading...
3 Ratu Tercantik di Kerajaan Nusantara, Salah Satunya Selamatkan Majapahit dari Kekacauan
Terdapat tiga ratu tercantik di Kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga ratu tercantik di Kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara . Beberapa di antaranya bahkan berhasil untuk memajukan kerajaannya.

Sosok seorang ratu pada masa kerajaan memang identik dengan paras rupawannya. Karena parasnya inilah yang membuat para penguasa tertinggi mau untuk menikahinya.


3 Ratu Tercantik di Berbagai Kerajaan Nusantara

Berikut ini tiga ratu tercantik di berbagai kerajaan nusantara.

1. Ken Dedes

Ken Dedes yang awalnya merupakan istri dari Tunggul Ametung, penguasa Tumapel berhasil merebut hati Ken Arok karena kecantikannya. Hal ini membuat Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, untuk mendapatkan Ken Dedes. Sampai pada akhirnya Ken Arok merebut Tumapel dan mendirikan Kerajaan Singasari.

Menurut Jurnal "Identifikasi Ken Dedes dalam Arca Perwujudan Sebagai Dewi Prajnaparamita", dikalangan masyarakat Malang dan sekitarnya, sosok Ken Dedes sebagai seorang putri Jawa kuno yang dipandang cantik jelita sudah bukan barang baru lagi. Bahkan timbul sebuah anggapan bahwa arca Dewi Prajnaparamita adalah potret dari Ken Dedes.


2. Ratu Shima

Ratu Shima merupakan penguasa Kerajaan Kalingga sejak tahun 670 M sampai 730 M. Ratu yang terkenal akan kecantikannya ini memiliki gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

Ratu Shima diangkat sebagai penguasa kerajaan sebab suaminya wafat dan kedua putranya belum siap menjadi raja. Ratu ini terkenal akan sikapnya yang tegas dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Pada masa pemerintahan Ratu Shima, Kerajaan Kalingga mencapai masa keemasannya dengan mengembangkan sektor pertanian dan perdagangan.

3. Tribhuwana Wijayatunggadewi

Dilansir dari Jurnal "Kedudukan dan Peran Perempuan Dalam Masa Jawa Kuno : Era Majapahit", Tribhuwana Wijayatunggadewi yang merupakan putri dari Raden Wijaya dengan Dyah Gayatri. Sang putri ditunjuk untuk mewarisi ketika sang ayah telah meninggal atas kehendak ibunya.

Sepanjang kekuasaannya, dia dibantu oleh Patih Gajah Mada untuk memperbaiki kekacauan yang terjadi setelah era Jayanegara. Tribhuwana juga merupakan sosok ibu dari raja terkenal di masa keemasan Majapahit, Hayam Wuruk.

Selain punya peran yang besar dalam kemajuan Kerajaan Majapahit, dia juga dikenal sebagai ratu yang cantik dan pemberani.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)