Peduli Penderita Thalasemia, KSP Sahabat Mitra Sejati Gelar Donor Darah

Selasa, 30 Mei 2023 - 23:04 WIB
loading...
Peduli Penderita Thalasemia, KSP Sahabat Mitra Sejati Gelar Donor Darah
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan Komunitas Thalasemia mengadakan kegiatan aksi donor darah untuk penderita thalasemia. Foto ist
A A A
JAKARTA - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan Komunitas Thalasemia mengadakan kegiatan aksi donor darah untuk penderita thalasemia. Aksi donor darah dilakukan dalam rangka memperingati Hari Thalasemia sedunia yang jatuh setiap tanggal 8 Mei.



I Made Pande Cakra selaku ketua II KSP Sahabat Mitra Sejati mengatakan, saat ini pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang thalasemia masih rendah. Karena itu pihaknya menggelar donor darah pada 14 Mei lalu betempat di RS Siloam TB Simatupang.

Selain itu, juga dialukan aksi jalan sehat di area Car Free Day di Jalan Sudirman Jakarta, medical check up dan sosialiasi materi edukatif tentang thalasemia. Rangkaian kegiatan Hari Thalasemia sedunia tersebut diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat.

Salah satunya, kata Made, kepedulian masyarakat terhadap penderita thalassemia sehingga menyumbangkan darahnya melalui donor darah. Para penderita thalassemia sangat membutuhkan transfusi darah secara rutin.

“Kami ingin mengajak semua pihak untuk peduli dan berperan aktif dalam upaya mencegah thalasemia serta meningkatkan kualitas hidup penderita. Semoga kegiatan semacam ini terus dapat dilakukan di berbagai kota dalam mendukung kegiatan #stopthalasemia melalui kolaborasi dengan berbagai pihak,” katanya.

Thalasemia adalah gangguan genetik yang mempengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh. Wakil Ketua Thalassemia Movement Annisa Annisa Octiandari Pertiwi mengakan, penderita thalasemia membutuhkan transfusi darah secara rutin untuk menjaga kualitas hidup mereka.

Sayangnya, kata Annisa, masih banyak yang belum mengetahui tentang kondisi ini dan minimnya jumlah pendonor darah. Rangkaian kegitan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai thalasemia sehingga membantu pasokan asupan darah bagi penderita.

"Kami sangat berterima kasih kepada KSP Sahabat Mitra Sejati atas dukungan dan perhatiannya dalam memperingati Hari Thalasemia Sedunia. Kolaborasi ini memberi harapan baru bagi kami dan memberikan kesempatan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat tentang thalasemia," tambah dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2946 seconds (0.1#10.140)