Jalan Khusus Tambang Cigudeg - Rumpin Mulai Dibangun

Senin, 29 Mei 2023 - 21:42 WIB
loading...
Jalan Khusus Tambang Cigudeg - Rumpin Mulai Dibangun
Kunjungan Kerja Gubernur Jawa Barat pada Persiapan Pembanguan Ruas Jalan Khusus Tambang Cigudeg - Rumpin. (Foto: dok Pemprov Jabar)
A A A
KABUPATEN BOGOR - Pemda Provinsi Jawa Barat mulai merealisasikan pembangunan jalan khusus tambang penghubung Cigudeg - Rumpin, Kabupaten Bogor.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi jalan khusus sekaligus melakukan pencanangan titik awal ruas di Kecamatan Cigudeg, Senin (29/5/2023).

Gubernur mengatakan jalan khusus tambang Cigudeg - Rumpin merupakan terobosan dalam pembangunan infrastruktur Indonesia karena dananya tidak bersumber dari uang pemerintah, baik APBD maupun APBN.

Rencana pembangunan tertuang dalam RPJMD Kab Bogor 2018-2023 dan RPJMD Prov Jabar 2018-2023.

"Ini contoh pembangunan tidak pakai anggaran negara. Kita berperan memudahkan urusan ini secara investasi. Perannya adalah pembiayaan full dari swasta," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur, dana untuk membangun jalan tambang Cigudeg - Rumpin sepanjang kurang lebih 12 kilometer tersebut berasal dari investor swasta.

"Negara-swasta bekerja sama melayani masyarakat sampai dibikin peraturan khusus oleh Menteri ESDM dan PUPR. Jadi contoh se-Indonesia, bagaimana bekerja baik, kerja sama, inovasi, dan jadilah kemaslahatan," kata Ridwan Kamil.

Ke depan untuk pengelolaan jalan tersebut, Pemdaprov Jabar turut melakukan pengawasan melalui keterlibatan BUMD, PT Jasa Sarana.

Gubernur berharap masyarakat sekitar mendapat manfaat ekonomi, baik itu dilibatkan sebagai pekerja selama proses pembangunan, atau peluang usaha melalui konektivitas wilayah yang tercipta.

Pemdaprov Jabar, menurut Gubernur, berupaya maksimal dalam menghadirkan jalan tambang Cigudeg - Rumpin yang sudah lama ditunggu masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)