Elektabilitas Tinggi Erick Thohir Modal Kuat Maju Cawapres

Senin, 29 Mei 2023 - 16:31 WIB
loading...
Elektabilitas Tinggi Erick Thohir Modal Kuat Maju Cawapres
Tren positif elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir menjadi modal kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. (Ist)
A A A
BANDUNG - Tren positif elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir menjadi modal kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Hadirnya hal tersebut menjadi gambaran dukungan besar dari berbagai kalangan masyarakat.

Raihan capaian elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikkan signifikan. Kondisi demikian jika merujuk pada survei Indikator Politik Indonesia periode Maret sampai Mei 2023.

Tercatat elektabilitas Erick Thohir tumbuh sangat positif signifikan mulai dari bulan Maret 11,3 persen lalu April 17,3 persen. Kemudian melonjak pada Mei mencapai 18,8 persen.

“Suka tidak suka senang tidak senang ukuran ketika seorang figur termasuk Erick THohir ingin menjadi capres atau cawapres itu adalah tingginya elektabilitas,” kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin.

Dia mengatakan saat ini elektabilitas banyak dijadikan patokan khususnya untuk partai politik (parpol) dalam menentukan sosok jagoan. Termasuk untuk pencalonan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Menurut dia sosok seperti Erick Thohir sangat pas untuk mengisi kursi kosong dalam posisi sebagai cawapres. Hal demikian lantaran nama Erick Thohir konsisten berada di tempat teratas sebagai cawapres pilihan masyarakat.

“Elektabilitas itu keterpilihan artinya dukungan publik terhadap figur
capres atau cawapres tersebut,” terang Ujang.

Dia mengungkapkan adanya dukungan kuat dari berbagai kalangan masyarakat tentu tidak terlepas dari kinerja cemerlang Erick Thohir. Bahkan sampai sekarang dampak positifnya sangat bisa terlihat secara langsung.

"Itu sudah cukup ya untuk mengerek, mendongkrak elektabilitas Erick Thohir ketika ingin maju sebagai calon wakil presiden kan gitu," jelas Ujang.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)