Persiapan Warga Pakintelan Gunungpati Sambut Rombongan 32 Biksu Thudong

Minggu, 28 Mei 2023 - 23:10 WIB
loading...
Persiapan Warga Pakintelan Gunungpati Sambut Rombongan 32 Biksu Thudong
Angela Indah salah satu relawan merapikan Amisa Puja di Vihara Buddhadipa, Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (28/5/2023).
A A A
SEMARANG - Warga Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang bersama relawan bersiap menyambut kedatangan 32 biksu yang melakukan ritual thudong. Para biksu menjalani ritual jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Warga yang menyiapkan penyambutan bertempat tinggal di sekitar komplek Vihara Buddhadipa. Pantauan di lokasi pada Minggu (28/5/2023) sore, tampak sejumlah umbul-umbul sudah terpasang, termasuk tratak dengan ornamen kain warna merah putih.

Mereka membaur bersama pengurus vihara baik Vihara Buddhadipa maupun Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti yang lokasinya di Bukit Kasap, Kelurahan Pudak Payung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sejumlah relawan juga terlihat di sana, termasuk lintas agama hingga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Baca juga: Dari Indramayu, 32 Biksu asal Thailand Lanjutkan Perjalanan Menuju Candi Borobudur

“Ini persiapan penyambutan. Besok rombongan biksu (Senin 29 Mei) akan mampir ke sini,” kata Sekretaris Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti, Wahyudi, saat ditemui di Vihara Buddhadipa. Baca Juga Tarian Sufi Remaja Muslim Sambut 32 Biksu Thudong di Gereja Santo Antonius Padua Kendal Tarian Sufi Remaja Muslim Sambut 32 Biksu Thudong di Gereja Santo Antonius

Padua Kendal Wahyudi terlihat sibuk menerima beberapa tamu, termasuk berkomunikasi dengan ponselnya untuk persiapan itu.

Dia mengatakan, para biksu itu hari Minggu ini sudah sampai Kota Semarang dan akan bermalam di Vihara Adhi Dharma di Kecamatan Semarang Timur. Pada pukul 05.00 WIB (29/5/2023), para biksu akan berjalan kaki ke Kelenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Mereka singgah untuk melanjutkan perjalanan ke Vihara Buddhadipa dan Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)