Bantu Peternak, SDG Jateng Gelar Pelatihan Membuat Pakan Silase

Minggu, 28 Mei 2023 - 12:26 WIB
loading...
Bantu Peternak, SDG Jateng Gelar Pelatihan Membuat Pakan Silase
Relawan SDG Jateng menggelar pelatihan pembuatan pakan silase untuk ternak di Dusun Wajong Kulon, Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Sabtu (27/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KLATEN - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jateng menggelar pelatihan pembuatan pakan silase untuk ternak di Kabupaten Klaten. Pakan silase dibuat untuk menjaga ketersediaan pakan hijau bagi ternak sepanjang waktu dan mempertahankan nutrien yang ada dalam pakan.

OMG Jateng menggandeng remaja masjid di dusun tersebut untuk sama-sama membangun peternakan dengan pelatihan ini. "Kami mengadakan doa bersama dan pelatihan pembuatan pakan silase bagi para remaja masjid dan masyarakat yang merupakan peternak dan petani di Kabupaten Klaten," kata Korwil SDG Jateng Mukti Abdul Jabir di sela-sela pelatihan di Dusun Wajong Kulon, Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Sabtu (27/5/2023).

Gus Mukti menjelaskan, peternakan di wilayah ini sangat berkembang dan perlu diberi inovasi agar makin maju. Karena itu, pihaknya melakukan pelatihan ini untuk para peternak di sana.

"Peternakan di Kabupaten Klaten berpotensi untuk dikembangkan. Jadi, SDG Jateng menggelar pelatihan pembuatan pakan silase kepada para peternak guna menunjang perkembangan ternak di Klaten. Sehingga pelatihan ini dapat memberikan manfaat kepada mereka," ujarnya.

Menurut Gus Mukti saat kemarau, peternak beberapa kali kesulitan mencari pakan ternak. "Untuk mempertahankan dan mengawetkan, akan dilakukan fermentasi pakan silase sehingga bisa bertahan lama untuk perkembangan ternak," ujarnya.

Gus Mukti berharap peternak di dusun tersebut langsung menerapkan pembuatan pakan silase yang inovatif. Untuk mendukung pembuatan pakan tersebut, pihaknya memberikan alat pencacah rumput.

"Kami berharap masyarakat Klaten dapat mempraktikan dan memanfaatkan bantuan alat ini untuk pembuatan pakan selasi, sehingga bisa menunjang peternakan di masa mendatang. Kami memberikan alat pencacah rumput untuk fermentasi pakan silase kepada peternak," ujarnya.

Masyarakat yang hadir sangat bersemangat mengikuti jalannya pelatihan yang disampaikan praktisi peternakan. Kegiatan ini terinspirasi sosok Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sangat peduli peternak dan petani.

Raras Endarto, Koordinator Remaja Masjid di Dusun Wajong Kulon mengatakan, dalam pelatihan masyarakat praktik langsung membuat pakan silase. Tujuannya ke depan mereka mampu membuat sendiri dengan alat-alat yang diberikan.

Dengan pelatihan tersebut, peternak bisa memaksimalkan rumput hasil fermentasi untuk pakan ternak. "Masyarakat di sini dominan petani dan peternak. Dengan pemanfaatan pakan silase ini, masyarakat dapat memanfaatkan rumput hasil fermentasi ini secara maksimal di lingkungan kami," ucapnya.

Masyarakat menyambut baik pelatihan pembuatan silase ini. Mereka juga berharap ada pendampingan sehingga pelatihan bisa berhasil maksimal. Masyarakat juga mendoakan Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3918 seconds (0.1#10.140)