Dekat dengan Muhammadiyah, PAN Optimis Menangkan Pileg

Jum'at, 26 Mei 2023 - 20:11 WIB
loading...
Dekat dengan Muhammadiyah, PAN Optimis Menangkan Pileg
Kedekatan antara Partai Amanat Nasional (PAN) dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah membuat elektabilitas PAN semakin melonjak naik. (Ist)
A A A
BOGOR - Kedekatan antara Partai Amanat Nasional (PAN) dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah membuat elektabilitas PAN semakin melonjak naik. Meskipun PAN saat ini mendapat hasil survei 3,2 persen, jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi apapun untuk PAN.

Pengamat politik, Ujang Komarudin mengatakan bahwa hubungan yang kuat antara Muhammadiyah dan PAN menjadi basis yang bisa menambah dukungah PAN di Pemilu 2024 mendatang. Ia menganggap PAN pasti bisa menembus ambang bantas Parlementary Threshold 4 persen.

“Saya meyakini kalau PAN ya masih bisa lolos untuk pemilu 2024 nanti. Karena basis massa nya jelas, suara terbanyak dari kalangan Muhammadiyah,” kata Ujang.

PAN yang lahir dari hasil reformasi tersebut telah dua kali dalam hasil survei tidak mencukupi batas minimun PT 4 persen. Namun setiap Pemilihan Legistlatif (Pileg) PAN selalu berhasil meraih suara yang melebihi 4 persen.

“Tapi PAN selalu membuktikan dari katakanlah 2 pemilu terakhir PAN selalu lolos ke Senayan,” tambahnya.

PAN sendiri mayoritas didukung oleh kalangan Muhammadiyah dan menjadikannya salah satu partai yang memiliki kedekatan dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia. Karena memiliki jaringan yang kuat dengan rakyat, PAN tetap optimis untuk bertarung di Pileg 2024 nanti.

“Jadi dari situ saja sudah kelihatan bahwa PAN itu didukung oleh jaringan dari akar rumput Muhammadiyah,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)