Era Digital, Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta Diajarkan Strategi Jadi Pebisnis Handal

Jum'at, 26 Mei 2023 - 19:11 WIB
loading...
Era Digital, Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta Diajarkan Strategi Jadi Pebisnis Handal
Fransiscus Go mengajak mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) untuk mulai melirik dunia usaha mandiri dalam rangka menghadapi era keterbukaan informasi digital saat ini. (Ist)
A A A
YOGYAKARTA - Pengusaha sukses asal Jakarta sekaligus pemerhati ketenagakerjaan, Fransiscus Go mengajak mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) untuk mulai melirik dunia usaha mandiri dalam rangka menghadapi era keterbukaan informasi digital saat ini.

Hal itu disampaikan Fransiscus Go saat menyampaikan mata kuliah wirausaha kepada para mahasiswa di kampus tersebut pada Jumat (26/5) siang. Dalam agenda itu, Fransiscus Go menyampaikan materi terkait strategi menjadi pengusaha handal.

"Kita hari ini dihadapkan pada tantangan besar yang terjadi ditengah masa transisi dari era konvensional ke era digital, dan dari era masa lalu ke era masa depan. Bicara masa depan, tergantung pada keputusan yang kita ambil hari ini. Kelompok milenial, harus peka dan punya analisis tajam untuk menjadi pribadi yang sukses di esok hari," ujar pria yang akrab disapa Frans ini, Jumat (26/5/2023).

Menurut Frans, di satu sisi era digital itu telah mendisrupsi kebiasaan lama yang jelek di tengah masyarakat seperti tradisi malas, tidak inovasi, bergantung pada orang lain dan lain-lain. Di sisi lain, kata Frans, era digital merupakan sebuah peluang emas dan sangat positif, misalnya dalam hal kecepatan dan ketangkasan milenial untuk menciptakan atau menangkap kesempatan.

"Tentu warisan yang baik itu harus dijaga dan ditingkatkan, tapi kita jangan terjebak dengan perangkap masa lalu karena bagaimanapun perkembangan jaman akan terus menggerus karya karya masa lalu itu," katanya.

"Generasi muda itu sekarang dipicu untuk mendongkrak kreativitas membuka peluang baru, usaha baru untuk menyiapkan masa depan. Kemudian kecerdasan membaca peluang yang akan muncul pada waktu yang akan datang, karena saat ini semuanya sudah sangat terbuka sehingga setiap orang mempunyai kesempatan dan peluang yang sama," sambungnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut merupakan program Ikatan Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam wadah KAMAJAYA Business Club yaitu agenda dengan mengumpulkan para alumni lintas fakultas yang sudah terjun sebagai praktisi entrepreneur dan intrapreneur untuk berbagi pengalaman praktis dalam seminar kewirausahaan kepada para mahasiswa UAJY.

Frans yang juga pengurus alumni Kamajaya Bussines club menuturkan, mahasiswa sebagai kelompok milenial ini harus mulai menguasai pengetahuan terkait bagaimana menyiapkan dan membangun usaha, alias menjadi wirausaha baru.
Pasalnya, lanjut Frans, untuk memulai bisnis harus ditopang oleh berbagai hal mulai dari perizinan, modal dan sumber daya manusia (SDM).

"Sebenarnya bisa dimulai dari bisnis pribadi skala kecil, kemudian perlahan berjalan membentuk bisnis yang berbadan hukum yang sesuai dengan skala bisnis, kepentingan bisnis dan hukum yang berlaku," sebutnya.

Frans juga menjelaskan, pada tahap awal tersebut perlu dilakukan analisis misalnya value proposition tergantung bisnis yang di pilih dan lain-lain. Terkait bisnis berbadan hukum atau tidak berbadan hukum, dikembalikan lagi kepada kepentingan pelaku bisnis tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)