Disdukcapil Lamandau Targetkan Awal 2024 Seluruh ASN Sudah Memiliki IKD

Selasa, 23 Mei 2023 - 10:11 WIB
loading...
Disdukcapil Lamandau Targetkan Awal 2024 Seluruh ASN Sudah Memiliki IKD
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau Kalteng menargetkan pada awal 2024 semua ASN telah memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD). (Ist)
A A A
LAMANDAU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau Kalteng menargetkan pada awal 2024 semua ASN telah memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Untuk mewujudkan target tersebut, kini sejumlah petugas Disdukcapil terus melakukan sosialisasi ke satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Lamandau. Mereka juga membantu para pegawai untuk mengaktifkan dan mengakses IKD.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau, Kamini Anthus mengungkapkan, pihaknya telah menerbitkan surat edaran Nomor 470/DUKCAPIL/2023/39 perihal Penerapan IKD bagi seluruh ASN di daerah setempat.

“Saat ini ASN di Disdukcapil Lamandau sudah 100 persen menggunakan IKD, berikutnya kami akan mengajak OPD lain,” ungkap Anthus di Nanga Bulik, Selasa, 23 Mei 2023.

Dijelaskan Anthus, sudah ada sekitar 12 OPD yang melakukan proses aktivasi IKD atau sekitar ratusan orang. Penerapan IKD ini adalah instruksi dari Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Sudah ada ratusan yang telah menerapkan IKD, jumlah pastinya belum dilakukan perhitungan,” bebernya.

Penerapan ini menggunakan aplikasi yang dapat di-download lewat Google Playstore bernama 'Kartu Identitas Digital'. Dalam IKD tersebut seluruh identitas diri telah tercantum mulai dari KTP, kartu keluarga, hingga akta perkawinan.

Penerapan IKD di Kabupaten Lamandau baru dalam tahap uji coba. Namun agar masyarakat mengetahui identitas digital lebih cepat, untuk ASN ditarget telah memiliki IKD akhir 2023. “Karena masih uji coba, kami belum membuat target untuk penerapannya bagi masyarakat,” sebutnya.

Hingga sejauh ini, imbuh dia, pihaknya belum menemukan kendala berarti saat penerapan IKD bagi ASN. “Selain ASN, sudah ada beberapa warga yang mulai menggunakan. Setalah melakukan pendaftaran, kami bantu mengaktifkan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)