BKI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Welder untuk Siswa SMK

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:11 WIB
loading...
BKI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Welder untuk Siswa SMK
Pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang untuk meningkatkan Keahlian Konstruksi Kapal siswa kelas XII. (Ist)
A A A
SEMARANG - Keahlian seorang welder (juru las) dalam industri perkapalan merupakan salah-satu faktor yang amat penting. PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai induk Holding Jasa Survei/IDSurvey yang menyadari hal tersebut mengadakan pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang untuk meningkatkan Keahlian Konstruksi Kapal siswa kelas XII.

“Industri perkapalan di negeri ini masih butuh banyak tenaga welder yang berkualitas tinggi. Kami berharap program pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang ini kelak bisa melahirkan orang-orang seperti itu,” kata Kepala Unit TJSL BKI Rudy Sunaryadi.

Rudy menjelaskan, Program TJSL merupakan bentuk komitmen BUMN khususnya BKI untuk melaksanakan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada peningkatan ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Aprianto memberikan apresiasi terhadap kegiatan pertama yang diselenggarakan di sekolah dengan melibatkan mereka dalam dunia industri.

“Sebagai pelaku industri, kolaborasi ini bisa bernilai bagi mereka karena secara langsung dibimbing ahlinya. Sebelumnya, kegiatan pelatihan ini selalu diadakan di lingkungan industri, maka melalui kesempatan ini kami berharap semua adik-adik yang dibekali sertifikat kompetensi nantinya mampu untuk membawa siswa-siswi SMK Negeri 10 sukses di dunia kerja,” tuturnya.

Pelatihan kompetensi welder berlangsung pada 23-26 Mei 2023 dengan memfasilitasi 34 siswa-siswi kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal kelas XII. Kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi kepada peserta, praktikum pengelasan material uji, penilaian hasil pengelasan dan pemberian sertifikat.

Pembukaan pelatihan kompetensi ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Semarang yang diwakili oleh Pengawas Pembina Cabang Pendidikan Wilayah I Semarang Handoyo Edi Hartomo, Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang Ardan Sirodjuddin, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Aprianto dan Kepala Unit TJSL BKI Rudy Sunaryadi.

Tujuan diadakannya sertifikasi ini untuk meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja sekaligus sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan siswa-siswi tersebut telah memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang Ardan Sirodjuddin yang turut hadir dalam pembukaan tersebut menyampaikan apresiasi karena telah mendapatkan kepercayaan dari IDSurvey, khususnya BKI untuk program TJSL ini.

“Bagi kami, kesempatan ini merupakan suatu anugerah untuk anak-anak kami karena mendapatkan materi terkait welder dari dari pelatihan hingga sertifikasi kompetensi. Kami harap, pelatihan ini bisa menjadi link dan match sekolah dengan sektor industri sehingga teori yang telah dipelajari sesuai dengan kebutuhan industri,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)