Sambut Iduladha, TGS Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:40 WIB
loading...
Sambut Iduladha, TGS Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban
Relawan TGS Ganjar Sumut menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Kamis (25/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LANGKAT - Relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut kembali menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban. Kali kegiatan dihelat di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Kamis (25/5/2023).

Pelatihan diikuti ratusan warga di Sei Lapan. Dalam kegiatan ini, relawan menggandeng penyembelih kurban profesional untuk memberikan pelatihan kepada warga.

Korwil TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika mengatakan pelatihan ini digelar untuk menyambut hari raya Iduladha. "Kami memberikan pengarahan sekaligus praktik bagaimana menyembelih hewan kurban. Metodenya, etika, dan tata cara menyembelih kurban sesuai dengan syariat Islam," kata Zulfi.

Dalam pelatihan ini disampaikan juga berbagai hal berkaitan dengan ibadah kurban. Mulai dari bagaimana cara memilih hewan kurban, persyaratan dan perlakuan terhadap hewan kurban, cara penyembelihan kurban, hingga penanganan distribusi daging kurban.

Ilmu penyembelihan hewan kurban merupakan ilmu khusus yang mana tidak semua orang mampu melakukannya. ”Jadi dengan pelatihan ini kami berikhtiar agar masyarakat di sini mampu melakukan penyembelihan hewan kurban," jelasnya.

Pelatihan ini juga bertujuan mendorong lahirnya regenerasi penyembelih hewan kurban. Sehingga nantinya akan lahir para penyembelih hewan kurban baru yang menguasai bidang tersebut.

"Karena memang sering terjadi kesulitan mencari penyembelih, maka kami buat pelatihan ini. Kami ingin memasifkan kemampuan masyarakat, agar mereka tidak lagi kesulitan mencari penyembelih ini," ungkapnya.

Dengan bertambahnya jumlah penyembelih, maka proses penyembelih kurban saat Iduladha semakin cepat dan efektif. Distribusi daging kurban kepada para penerima manfaat juga menjadi lebih cepat.

Selain pelatihan, relawan pendukung Ganjar Pranowo itu juga memberikan sejumlah bantuan. Mulai dari bantuan pisau kurban, hingga buku panduan tata cara penyembelihan hewan kurban.

Zulfi melanjutkan, rangkaian bantuan dan pelatihan dari relawan TGS Ganjar akan terus berlanjut di wilayah Sumut. Dia mencontohkan, untuk beberapa agenda berikutnya akan ada pelatihan salat gerhana dan pelatihan cara membaca tulisan Arab Melayu.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)