Gelar Kompetisi Musik, GMC DIY Jaring Bakat UKM se-Yogyakarta

Selasa, 23 Mei 2023 - 12:28 WIB
loading...
Gelar Kompetisi Musik, GMC DIY Jaring Bakat UKM se-Yogyakarta
Relawan GMC DIY sukses menggelar Festival Battle Musik antar UKM di berbagai kampus di Yogyakarta. Festival ini diikuti 30 grup band dari berbagai UKM musik. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SLEMAN - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sukses menggelar Festival Battle Musik antar unit kegiatan mahasiswa (UKM) musik di berbagai kampus di Yogyakarta. Festival ini diikuti 30 grup band dari berbagai UKM musik.

”Dari 30 itu diseleksi dan dipilih tujuh band terbaik untuk ditampilkan pada acara puncak. Kemudian dipilih tiga band juara,” kata Kabid Minat dan Bakat GMC DIY Indra Tirta Kusuma usai kegiatan di Bor Cafe, Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Senin (22/5/2023).

Setelah melalui persaingan sengit, akhir didapatkan para juaranya. Untuk juara 1 grup band 12amproject_ dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), juara 2 Miwing dari UIN Sunan Kalijaga, dan juara 3 XB Musik dari Amikom. Mereka mendapatkan piala dan hadiah menarik.

"Kami metodenya para peserta menyerahkan video demo. Setelah itu tujuh band terbaik kami pertandingkan pada malam hari ini," ujarnya.

Indra mengemukakan, festival ini untuk mencari bakat terbaik di antara UKM musik di kampus se-Yogyakarta. Dengan memberikan panggung yang besar, para peserta dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam bermusik dan menginspirasi kaum milenial agar mampu menunjukkan kemampuannya.

Indra menyatakan, GMC juga berkomitmen untuk mempromosikan mereka ke berbagai kafe di sekitar Yogyakarta. Langkah ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi para pemenang untuk tampil di hadapan khalayak yang lebih luas dan memperluas jangkauan mereka di industri musik lokal.

"Supaya teman-teman band ini bisa melakukan perform di kafe, menghasilkan juga, melatih mental juga. Karena kan tidak semua orang bisa bernyanyi di depan orang banyak, harus dilatih," tuturnya.

Indra berharap festival ini dapat memperkuat ikatan antara UKM musik se-Yogyakarta dan mendorong generasi muda untuk terus mengembangkan seni musik. Keberhasilan acara ini semakin menunjukkan betapa pentingnya dukungan dan promosi terhadap bakat-bakat lokal di Yogyakarta.

Indra berterima kasih banyak atas apresiasi yang diberikan Ganjar Pranowo kepada milenial. Gubernur Jawa Tengah itu dinilai terbukti selalu mendukung kegiatan positif kaum muda.

Fia dari 12amproject_ mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara dalam kompetisi ini. "Seneng banget. Semoga acara ini ada terus karena banyak anak muda yang berbakat dan pengen menunjukkan kemampuannya," katanya.

Fia juga mendoakan Ganjar menjadi Presiden 2024. "Sukses terus. Siap dong (dukung Ganjar Presiden 2024). Harus dong," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3125 seconds (0.1#10.140)