Komunitas Digital Lebak Pelajari Kiat-kiat Aman Beraktivitas di Internet

Sabtu, 20 Mei 2023 - 23:03 WIB
loading...
Komunitas Digital Lebak Pelajari Kiat-kiat Aman Beraktivitas di Internet
Jejak data saat menggunakan internet baik secara aktif maupun pasif akan tertinggal dan tidak bisa dihapus. Aktivitas seseorang terdeteksi saat menggunakan media sosial. Foto ilustrasi
A A A
LEBAK - Jejak data saat menggunakan internet baik secara aktif maupun pasif akan tertinggal dan tidak bisa dihapus. Aktivitas seseorang terdeteksi saat menggunakan media sosial, masuk ke situs web, terhubung dengan teman, berbagi informasi dan data (foto), maupun saat melakukan transaksi belanja dan mengakses bank.



Menurut pembina Komunitas Film Pramuka (KFP) Habibie Yukezain, setiap orang yang hendak beraktivitas di internet harus memiliki kompetensi literasi digital terkait tata krama atau etika berinternet.

"Tata krama menggunakan internet itu sendiri meliputi kemampuan mengakses, menyeleksi, memverifikasi, memahami, dan menganalisis informasi saat berkomunikasi di platform digital ," tutur Habibie saat menjadi pembicara dalam diskusi literasi digital, di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (20/5/2033).

Dalam diskusi luring (offline) bertajuk ”Kiat-kiat Aman Berselancar di Internet” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ini, para anggota Komunitas Digital Lebak mempelajari kiat-kiat aman berinternet.

Habibie mengatakan, etiket yang merupakan tata cara individu berinteraksi dengan individu lain atau dalam masyarakat berlaku ketika individu berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.

”Meski begitu, akan lebih baik jika individu juga memiliki norma moral yang menjadi pegangan dalam bertingkah laku, serta memahami ruang lingkup etika: kesadaran, integritas (kejujuran), tanggung jawab, dan nilai kebajikan,” sambung Habibie dalam diskusi yang dimoderatori Sintia Dewi itu.

Habibie kemudian memberikan kita-kiat aman dalam berinternet, antara lain dengan menghindari konten negatif seperti melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan dan pencemaran nama baik, pemerasan (pengancaman), penyebaran hoaks, maupun menebar kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

”Ingat, segala rekam jejak data seseorang saat berselancar dan menggunakan internet baik secara aktif maupun pasif akan tertinggal dan tidak bisa dihapus. Jejak kita akan terdeteksi saat menggunakan media sosial,” urainya.

Habibie menambahkan, ada beberapa tips agar aman berselancar di internet. Di antaranya hindari wifi publik, tidak memposting berlebihan di medsos, mengelola kata sandi dengan baik, dan jangan masuk situs website dengan aku Facebook.

Dari perspektif kecakapan digital, influencer Azmy Zen mengatakan, berkomunikasi secara digital bukan hanya menguasai bagaimana menggunakan saluran komunikasi digital. Namun, juga butuh penguasaan bagaimana seharusnya mengungkapkan pesan-pesan secara digital.

”Setiap perangkat dan aplikasi memiliki kelebihan dan keterbatasannya masing-masing. Butuh kecakapan mengelola informasi dan konten, karena tidak semua informasi benar dan kita butuhkan,” tegas Azmy.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)