Fakta Menarik Tentang Hujan, Disebut dalam Alquran Berabad-abad Lalu

Senin, 22 Mei 2023 - 13:30 WIB
loading...
Fakta Menarik Tentang Hujan, Disebut dalam Alquran Berabad-abad Lalu
Ilustrasi wanita berpayung saat hujan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Hujan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan di bumi. Hujan adalah prasyarat untuk keabadian kehidupan di suatu wilayah dan telah disebut dalam Alquran.

Hujan, yang membawa kepentingan besar bagi semua makhluk hidup termasuk manusia, disebutkan dalam berbagai ayat Alquran, di mana informasi substansial diberikan tentang pembentukan hujan, proporsi dan efeknya.

Dilansir dari The Science and Faith, fakta ini telah ditemukan dalam Alquran. Salah satunya dalam ayat kesebelas Surah Az-Zukhruf, di mana hujan didefinisikan sebagai air yang diturunkan dalam ukuran karena.



Ayat ini adalah sebagai berikut:

“Dan dia yang mengirim air (dari waktu ke waktu) dari langit dalam ukuran, dan kita membangkitkan kehidupan dengan tanah yang mati. Meski begitu Anda dibesarkan (dari kematian). "Al-Qur'an 43:11

Ukuran hujan dalam ayat ini berkaitan dengan beberapa karakteristik hujan. Pertama-tama, jumlah hujan yang jatuh di bumi selalu sama. Diperkirakan satu detik 16 juta air menguap dari bumi.

Ukuran lain yang terkait dengan hujan adalah tentang kecepatan jatuhnya. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter. Ketika dijatuhkan dari ketinggian ini, sebuah objek yang memiliki berat dan ukuran yang sama dengan tetesan hujan, akan terus meningkat dan jatuh di tanah dengan kecepatan 558 km/jam.

Tentu saja, objek apa pun yang menyentuh tanah dengan kecepatan itu akan menyebabkan kerusakan besar. Jika hujan turun dengan cara yang sama, semua tanah yang dipanen akan dihancurkan, daerah perumahan, rumah, dan mobil akan rusak, orang tidak akan bisa berjalan-jalan tanpa mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)