Kisah Pilu Ela Lastari TKW Asal Garut Hilang Kontak di Arab Saudi, Pernah Kabur di Singapura

Senin, 22 Mei 2023 - 01:16 WIB
loading...
Kisah Pilu Ela Lastari TKW Asal Garut Hilang Kontak di Arab Saudi, Pernah Kabur di Singapura
Sejumlah perwakilan Disnakertrans Garut mengunjungi keluarga Ela Lestari, TKW asal Garut yang mengalami masalah di Arab Saudi. Foto: Istimewa
A A A
GARUT - Ela Lastari (39), TKW asal Kabupaten Garut yang hilang kontak di Arab Saudi rupanya telah berulang kali bekerja di luar negeri. Dia bahkan pernah lari dari majikannya di Singapura.

Dari catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kabupaten Garut, sebelum ke Arab Saudi, Ela Lastari sempat bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Garut Ricky Rizky Darajat, menyebut, Ela Lastari pertama kali berangkat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada tahun 2014. Saat itu, Ela berangkat untuk bekerja ke Dubai.



"Ke Dubai melalui jalur yang legal, semua dokumen data termasuk nama perusahaannya tercatat di Disnakertrans Garut," kata Ricky Rizki Darajat, Minggu (21/5/2023).

Di Dubai, Ela Lastari bekerja selama 3 tahun sesuai kontrak. Usai kembali ke Tanah Air, Ela Lastari kemudian berangkat kembali ke luar negeri untuk bekerja di Singapura pada tahun 2018.

"Namun sebelum masa kontraknya habis, tepatnya baru sekitar satu tahun, ia bermasalah dengan majikannya sehingga kabur ke KBRI dan kemudian pihak KBRI memulangkannya ke Indonesia," ujarnya.



Sedangkan keberangkatan Ela Lastari ke Arab Saudi pada Oktober 2022 lalu, Ricky mengaku pihaknya tak memiliki data dan dokumen terkait hal tersebut.

"Kami telah telusuri ke BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia), datanya juga tidak ada di sana, termasuk nama perusahaan yang memberangkatkannya," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)