Mampu Dongkrak Capres, Erick Thohir Dinilai Berpeluang Besar Jadi Cawapres

Minggu, 21 Mei 2023 - 17:23 WIB
loading...
Mampu Dongkrak Capres, Erick Thohir Dinilai Berpeluang Besar Jadi Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Budayawan Nasional Made Putrawan memiliki peluang besar menjadi cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. (Ist)
A A A
BOGOR - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Budayawan Nasional Made Putrawan memiliki peluang besar menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya, Made melihat menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mampu mendogkrak elektabilitas dari calon presiden (capres) yang didampingi.

“Kemungkinan yang akan menjadi wapres nanti adalah Pak Erick Thohir. Karena Pak Erick Thohir ini mampu mendongkrak rating dari capres yang didampingi,” terang Made.

Seperti diketahui berdasarkan temuan terakhir dari Indikator Politik Indonesia, dalam simulasi berpasangan Erick Thohir mampu meningkatkan elektabilitas dari capres yang didampingi. Baik berpasangan dengan Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo ataupun Capres Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PSSI tersebut mampu berkontribusi secara elektoral.

Karenanya Made melihat Erick Thohir memiliki peluang besar untuk dipinang sebagai cawapres oleh partai koalisi mendatang. Selain itu, Eks Presiden Inter Milan ini mampu menarik simpati masyarakat sebagai sosok yang tidak terikat dengan partai politik manapun.

Hal ini juga bisa menjadi daya tarik parpol pengusung yang terdiri dari lebih dari satu partai. Sehingga mampu menetralisir berbagai kepentingan dari parpol – parpol pengusung.

“Pak Erick Thohir ini juga adalah sosok independent, tidak terikat dengan partai politik,” ujar Made.

Terakhir, ia mengatakan Erick Thohir juga mampu menarik dukungan dari para pendukung Presiden Jokowi. Mengingat hubungan yang sangat dekat dimiliki antara keduanya dan diperkirakan Presiden Jokowi akan memberikan endorsemennya kepada Erick Thohir di Pilpres 2024 sebagai cawapres.

“Kemudian dia sangat dekat dengan bapak Jokowi, kemungkinan besar endorsemennya dari Bapak Jokowi kepada Bapak Erick Thohir,” pungkas Made.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)