Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Buka Festival Kebudayaan Gelar Melayu Serumpun 2023 di Medan

Rabu, 17 Mei 2023 - 13:18 WIB
loading...
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Buka Festival Kebudayaan Gelar Melayu Serumpun 2023 di Medan
Festival budaya bertajuk Gelar Melayu Serumpun 2023 dibuka di Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (16/5/2023) malam. Foto/MPI/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo membuka festival budaya bertajuk 'Gelar Melayu Serumpun 2023' di Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (16/5/2023) malam. Festival yang akan berlangsung selama lima hari hingga akhir pekan itu bertempat di pelataran Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Buka Festival Kebudayaan Gelar Melayu Serumpun 2023 di Medan

Pembukaan acara yang sudah kali keenam digelar sejak tahun 2017 itu dihadiri langsung ibu negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Wury Estu Handayani Ma'ruf Amin. Hadir pula Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.


Festival juga dihadiri langsung sejumlah Duta Besar dan Konsulat Jenderal negara sahabat serta Kepala Daerah dan tokoh serumpun Melayu di Indonesia.

Ribuan orang memadati acara festival. Sebagian besar di antara pengunjung juga hadir menggunakan pakaian khas Melayu.

Mereka begitu antusias menyaksikan pagelaran kebudayaan, khususnya tarian dari berbagai bumi Melayu Serumpun, mulai dari Aceh, Sumatera, Jawa, Sunda, Bali hingga Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan India.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan puluhan stand kuliner khas Medan dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Pemko Medan.


Acara semakin meriah dengan penampilan band asal ibukota, Naff, yang berhasil membius dan membuat para pengunjung Festival bertahan hingga tengah malam.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam sambutannya menyebut Gelaran Melayu Serumpun (Gemes) adalah satu dari empat event di Sumatera Utara yang dikurasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai bagian dari Event Karisma Nusantara yang dipromosikan secara global.

Menurut Angela dari tahun ke tahun pelaksanaan Gelar Melayu Serumpun semakin baik. Diharapkan kesuksesan acara ini dapat pula mendorong semakin sejahteranya masyarakat di Sumatera Utara.

"Kita mengapresiasi kerja keras Pemerintah Kota dan masyarakat Medan yang telah mensukseskan acara ini," kata Angela yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)