Pertunjukan The Sailors Berhasil Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program KTT ASEAN

Minggu, 14 Mei 2023 - 12:15 WIB
loading...
Pertunjukan The Sailors Berhasil Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program KTT ASEAN
ASEAN SUMMIT 2023 di Labuan Bajo telah usai. Rangkaian acara telah dilaksanakan dengan sukses, salah satunya adalah Spouse Program. (Ist)
A A A
LABUAN BAJO - ASEAN SUMMIT 2023 di Labuan Bajo telah usai. Rangkaian acara telah dilaksanakan dengan sukses, salah satunya adalah Spouse Program. Lima ibu negara dari Philipines (Madam Louise Araneta-Marcos), Laos (Vandara Siphandone), Singapore (Madam Ho Ching), Cambodia (Samdech Kittipritthbindit Bun Rany Hunsen), dan Malaysia (Dato’ Seri Wan Azizah) hadir memenuhi undangan ibu Iriana Joko Widodo untuk menikmati keindahan Puncak Waringin sembari menikmati sajian budaya dan panganan khas Indonesia.

Spouse program ASEAN SUMMIT 2023 mengusung tema THE SOUNDS of ARCHIPELAGO untuk menyuarakan potensi-potensi yang dimiliki wilayah Indonesia Timur, khususnya Nusa Tenggara Timut (NTT).

Dari mulai tarian, pakaian, kerajinan tangan, tenun, musik hingga kekayaan alam dirangkaikan dalam satu alur penceritaan yang membuat para undangan terkesan. Woman empowering dan cita-cita generasi muda sebagai penerus bangsa merupakan pesan yang ingin disampaikan.

Di awal kedatangan, tamu disambut umbul-umbul janur yang dikreasikan dengan kain tenun dan rumah sambut ibu negara yang berbentuk Layar Kapal. Kemudian para remaja putri dengan pakaian adat kabupaten yang beragam memberikan salam selamat datang di Labuan Bajo.

Mama Bambu hadir di salah satu stand untuk menggambarkan kemampuan wanita NTT dalam memperdayakan lahan kritis dengan menanam bambu. Lagu Gemufamire juga hadir ditarikan oleh para remaja dan anak-anak SD, diikuti pula oleh para spouses.

Selanjutnya, tidak hanya sekedar minum teh dan mengobrol, para ibu negara sahabat diberikan kejutan pertunjukan berjudul The Sailors yang panggung pertunjukannya berada di darat dan di kapal phinisi yang berada di laut. Penceritaan ini dilihat melalui layar plasma atau dapat secara langsung dinikmati melalui teropong jarak jauh.

“The sailors menggambarkan keinginan anak-anak yang ingin menjadi pelaut dan berlayar ke negara-negara ASEAN guna mengabarkan persahabatan dan salam perdamaian," tutur Celerina Judisari selaku Creative Director keseluruhan acara yang juga produser film.

Konsep yang dimulai dengan perahu kertas dan lagu nenek moyangku membawa para tamu terkesima melihat anak-anak hingga remaja bersemangat menyampaikan impian mereka kemudian bergotong royong menaikan layar kapal berlogo ASEAN SUMMIT 2023 untuk segera berlayar.

Kejutan lainnya adalah ketika para perenang alam melakukan terjun dari kapal dengan gaya masing-masing. Pertunjukan diakhiri dengan tampilan para flying boarder yang atraktif bersamaan dengan kibaran bendera 12 negara ASEAN dan bendera ASEAN.

Sungguh sebuah drama musikal yang melarutkan emosi, sehingga saat show selesai beberapa ibu masih asyik melihat melalui teropong dan tak henti memberikan lambaian tangan kepada anak-anak yang berada di perahu dan di darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)