TGB Zainul Majdi: Berpikir Runut dan Rasional Terhindar dari Paparan Hoaks

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:03 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi: Berpikir Runut dan Rasional Terhindar dari Paparan Hoaks
Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr TGB KH Muhammad Zainul Majdi, Lc, MA saat Tablig Akbar di Lapangan Prian, Lombok Timur, NTB, Rabu (10/5/2023). Foto/MPI/Edy Gustan
A A A
LOMBOK TIMUR - Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr TGB KH Muhammad Zainul Majdi, Lc, MA memberikan tips menghindari berita hoaks, yakni dengan cara berpikir terstruktur atau runut. Hal itu disampaikan usai menghadiri Tablig Akbar di Lapangan Prian, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

TGB mengatakan cara berpikir yang melompat-lompat, tidak saja memicu kekacauan, tapi justru dapat memengaruhi individu. Terutama dalam menyerap informasi.


"Saya pernah menyampaikan bahwa dari sekian banyak mata pelajaran itu saya memilih mata pelajaran agama, bahasa, dan matematika. Mengapa matematika penting, itu mengajarkan kita ketertiban atau kedisiplinan kita dalam berpikir. Mengajarkan kita untuk menghormati proses dan mencegah kita untuk berpikir melompat-lompat yang mengakibatkan kekacauan," tegasnya di Lapangan Prian, Lombok Timur, Rabu (10/5/2023).


Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ini mengatakan, dengan cara berpikir yang runut, akan banyak persoalan sosial yang dapat terselesaikan dengan baik. Termasuk jika menggunakan cara berpikir yang tertib dan mengedepankan rasionalitas.

"Maka kita tidak bisa terpapar dengan berita bohong termasuk hoaks," tegas TGB.

Orang yang terbiasa berpikir runut, lanjut dia, diyakini tidak mudah terpapar berita bohong. Karena, dia akan berpikir untuk mencari fakta sebenarnya.


Dengan demikian, persoalan yang dapat merusak generasi bangsa dapat diatasi.

Kehadiran TGB di Lapangan Prian disambut antusias jemaah yang tidak sedikit dii antaranya merupakan pelajar. Tampak hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, para tuan guru, dan Ketua DPW Partai Perindo NTB H Khairul Rizal.

TGB juga membawa serta putra pertamanya Ustad Rizqi Alfarbi, Lc bersama istri TGB Hj Erica Zainul Majdi, dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darunnahdlatain Pancor.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)