TGB Zainul Majdi Paparkan 3 Azas untuk Pendidikan Berkualitas

Rabu, 10 Mei 2023 - 13:15 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi Paparkan 3 Azas untuk Pendidikan Berkualitas
Ketua Umum PB NWDI Dr TGB Muhammad Zainul Majdi Lc, MA saat Tablig Akbar dan Halal Bi Halal di Pondok Pesantren Ridwanullah Pringgabaya, Lombok Timur, NTB, Rabu (10/5/2023). Foto/MPI/Edy Gustan
A A A
LOMBOK TIMUR - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Dr TGB Muhammad Zainul Majdi Lc, MA mendorong pendidikan berkualitas di pondok pesantren. Hal itu disampaikan dalam Tablig Akbar dan Halal Bi Halal di Pondok Pesantren Ridwanullah Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) Rabu (10/5/2023).

Doktor Ilmu Tafsir Alquran itu menegaskan tiga hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di pondok pesantren.



Pertama, pentingnya memperkuat asas Iman. Mengenal Allah SWT dinilai sangat penting dalam pendidikan.

"Itulah mengapa dalam Alquran ada surat Al-Ikhlas. Ayatnya pendek dan mudah dihafal. Tapi makna tauhidnya sangat dalam," ujar TGB di Pringgabaya, Lombok Timur.


Selain itu, kata TGB asas Iman merupakan hal dasar yang perlu diajarkan kepada anak-anak. Termasuk bentuk pertanggung jawaban kepada Allah SWT.

Itulah mengapa rukun iman baik iman kepala Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadha dan qadar perlu diajarkan sejak dini.



Selanjutnya, adalah asas akhlak yang baik. Tidak saja terhadap anak didik, namun hal ini kata Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo ini, asas akhlak ini juga patut dimiliki semua orang.

Dengan begitu, akan memunculkan sikap tawadhu' (rendah hati) tidak sombong. Juga sikap Qonaah, amanah dan Assiddiq sikap jujur dan bertanggung jawab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)