Purnawirawan Polisi di Minut Tewas Bunuh Diri dengan Senjata Api, Ini Kata Kapolda Sulut

Selasa, 09 Mei 2023 - 21:27 WIB
loading...
Purnawirawan Polisi di Minut Tewas Bunuh Diri dengan Senjata Api, Ini Kata Kapolda Sulut
Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto angkat bicara terkait purnawirawan polisi yang tewas bunuh diri dengan senjata api. Foto: MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto ikut angkat bicara terkait purnawiran polisi bernama AKP I Putu Jasa yang ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya di Perum Griya 2 Desa Mapanget Jaga V Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara, Minggu (7/5/2023) sekira pukul 17.00 Wita.

"Ya ini memang sebuah musibah yang kemudian berdampak kepada institusi Polda Sulawesi Utara, karena pada saat yang bersangkutan melakukan bunuh diri itu dengan menggunakan senjata api milik organik dari Polda Sulawesi Utara," katanya, Selasa (9/5/2023).



Hal tersebut kata Kapolda sudah dilakukan penelusuran dimana korban pernah datang ke SPN Karombasan dan tanpa sepengetahuan dari orang yang bertanggung jawab terhadap senjata diduga korban mengambil kemudian senjata itulah yang digunakan untuk melakukan bunuh diri.

"Tapi apakah ada unsur kelalaian dari si anggota tersebut, nanti tentunya dari Propam yang akan melakukan pemeriksaan lebih detail," ujarnya.



Terkait motif dari korban melakukan bunuh diri kata Kapolda Sulut, kalau secara tersirat belum ada sama sekali bukti dari korban baik meninggalkan catatan, tulisan atau mungkin pesan-pesan kepada keluarganya.

"Sementara motifnya masih kami dalami apa yang menyebabkan sampai yang bersangkutan sampai kemudian mengambil jalan pintas seperti itu," ucapnya.



Kapolda Sulut juga mengaku sudah menginstruksikan kepada seluruh anggota polisi terutama pemegang senjata api untuk melakukan pengawasan lebih tepat lagi.

"Tadi pagi saya melihat dari Direktorat Lalu Lintas sudah melakukan kegiatan pengecekan kemudian dari satker yang lain pun juga sudah melakukan hal yang sama," tuturnya.

Kapolda juga sudah menginstruksikan kepada Kepala Biro SDM yang dalam strukturnya ada bagian psikologi untuk permohonan pinjam pakai senjata api betul-betul melalui mekanisme dan memenuhi syarat.

"Kemudian selain itu juga saya sampaikan kalau misalkan ada anggota yang sekiranya mungkin ada masalah yang mungkin masalah pribadi, rumah tangga atau masalah lain-lainnya silahkan dikonsultasikan ke psikologi untuk dilakukan konseling, dilakukan diskusi atau berbicara secara terbuka sehingga masalah-masalah yang dihadapi itu bisa dicarikan jalan keluarnya sehingga tidak mengambil jalan pintas," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)