Bus Rombongan Santri Masuk Jurang, Perindo Minta Pemerintah Maksimalkan Potensi Jalan Alternatif Parigi Moutong-Palu

Jum'at, 05 Mei 2023 - 23:45 WIB
loading...
Bus Rombongan Santri Masuk Jurang, Perindo Minta Pemerintah Maksimalkan Potensi Jalan Alternatif Parigi Moutong-Palu
Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng turut berdukacita atas kecelakaan bus rombongan santri Ponpes Gontor di Parigi Moutong, Sulteng. Foto/Dok.MPI
A A A
PARIGI MOUTONG - Nasib nahas menimpa rombongan santri Ponpes Gontor yang dalam perjalanan dari Palu menuju Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Rabu (3/5/2023). Bus yang mereka naiki mengalami rem blong di Jalur Kebon Kopi KM 4.

Sehingga kendaraan yang berisi puluhan santri yang menuju Ponpes Gontor di Poso ini masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter yang menewaskan tiga orang dan lainnya luka-luka.


Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng menyebutkan, rombongan tersebut merupakan santri dari Gontor Ponorogo, Jawa Timur yang akan mengabdi di Gontor Poso yang berlokasi di Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso.

"Saya turut berdukacita, saya doakan semoga yang wafat mati syahid karena mereka guru guru yang berniat memang untuk mengajar di Pondok Pesantren Gontor di Poso," kata Yusuf Lakaseng saat ditemui di Kantor DPP Partai Perindo, Jalan Diponegoro Nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2023).


Yusuf yang merupakan warga asli sekitar tempat kejadian peristiwa menyebutkan, daerah tersebut merupakan jalur rawan kecelakaan karena kondisi jalannya yang naik turun di perbukitan.

Hal itu diperparah dengan kondisi geografis di mana kontur tanah jalur tersebut tidak padat. Sehingga, setiap tahunnya selalu ada perbaikan.


"Tanahnya memang labil, tidak pernah selesai seperti jadi proyek abadi, selalu ada saja yang dikerjakan, yang rusak, longsor dan segala macam," ujarnya.

"Menurut saya memang pemerintah perlu sudah mengambil solusi karena banyak kecelakaan terjadi terus berulang dan jurangnya begitu dalam," sambungnya.

Ia menjelaskan, ada satu jalur alternatif Palu-Parigi Moutong, yakni melalui Poboya. Menurutnya, jalanan tersebut cenderung lebih aman karena jalanan tidak naik turun dan mayoritas lurus.

"Dulu sempat ada kabar itu (Jalur Poboya) akan menjadi jalan tol, nah menurut saya itu akan menjadi alternatif. Jalan Kebun Kopi ditutup saja karena sudah memakan banyak korban," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)