Perbaikan Jalur Tertutup Longsor di Sukatani-Ciganea Tuntas, KA Kembali Melintas

Sabtu, 06 Mei 2023 - 12:57 WIB
loading...
Perbaikan Jalur Tertutup Longsor di Sukatani-Ciganea Tuntas, KA Kembali Melintas
Perjalanan kereta relasi Jakarta-Bandung yang terganggu akibat longsor di petak jalan rel KM 111+000 s/d 111+400 (Ciganea-Sukatani), sudah berhasil ditangani dan kereta kembali dapat melintas dengan kecepatan terbatas. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Perbaikan jalur kereta api (KA) yang tertutup longsor di Km 111+100 yang masuk wilayah Kabupaten Purwakarta tuntas. Dengan demikian, perjalanan KA relasi Jakarta-Bandung dan sebaliknya yang melintas di wilayah Ciganea-Sukatani sudah bisa melintas dengan kecepatan terbatas.

"Setelah ditangani oleh semua pihak terkait, jalur itu sudah diperbaiki. Mulai Sabtu (6/5/2023) pagi, sejumlah perjalanan KA relasi Jakarta-Bandung dan sebaliknya, sudah dapat melintas dengan kecepatan terbatas," terang VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya.



Sebelumnya jalur rel di kawasan itu tidak dapat beroperasi akibat longsor yang terjadi pada Jumat (5/5/2023) malam di wilayah petak jalan antara Stasiun Ciganea-Stasiun Sukatani Km 111+100 yang masuk wilayah Kabupaten Purwakarta.

Dikatakannya, adapun kereta api pertama yang melintasi jalur ini adalah KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir pada pukul 06.36 WIB.

Selanjutnya kereta berikutnya KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung yang melintas pada pukul 07.02 WIB. Keduanya berjalan di jalur hulu dikarenakan jalur hilir masih dalam proses pembersihan material longsor.

Hingga kini masih terus dilakukan berbagai upaya untuk memulihkan jalur KA di lokasi tersebut, agar secepatnya dapat dilalui KA dengan kecepatan normal.

Seperti dengan perbaikan jalur rel dan memperkuat tubuh jalan rel di sekitar titik lokasi yang terimbas longsor. "Kami juga melakukan pembersihan eks material longsor dengan melibatkan puluhan petugas jalan rel KAI Daop 2 Bandung yang bekerja keras sejak Jumat malam," tuturnya.

Joni menyebutkan, KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya akibat longsoran yang terjadi di antara Stasiun Sukatani dan Stasiun Ciganea ini.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan KAI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan perjalanan kereta dengan aman, nyaman, dan sehat," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)