Sejarah Malang Plaza: Berusia 38 Tahun, Mal Pertama di Malang yang Dilengkapi Eskalator

Selasa, 02 Mei 2023 - 10:55 WIB
loading...
Sejarah Malang Plaza: Berusia 38 Tahun, Mal Pertama di Malang yang Dilengkapi Eskalator
Malang Plaza merupakan pusat belanja berusia 38 tahun dan mal pertama yang dilengkapi eskalator.Foto/istimewa
A A A
MALANG - Malang Plaza terbakar hebat pada Selasa (2/5/2023) dinihari. Bangunan tiga lantai di Jalan Agus Salim, Kota Malang, ini luluh lantak. Sebanyak 26 stan elektronik dan gadget dilahap di jago merah.

Masyarakat Kota Malang tak asing dengan Malang Plaza. Mereka menyebut pusat perbelanjaan ini merupakan mal tertua. Berikut ini sejarah singkat mal tertua di Malang ini.

Malang Plaza diresmikan pada 11 Mei 1985 oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur, Wahono didampingi Walikotamadya dr. H. Tom Uripan SH.

Baca juga: Update Kebakaran Malang Plaza: Polisi Sebut 62 Stan Hangus

Bangunan pusat belanja ini menyimpan sejarah panjang dan menjadi bagian perkembangan kota. Pertokoan ini terdiri dari 2 unit bangunan. Bangunan sisi barat sebagai bangunan utama sedangkan sebelah timur sebagai bangunan penunjang berbentuk rumah toko berlantai 3.

Sejarah Malang Plaza: Berusia 38 Tahun, Mal Pertama di Malang yang Dilengkapi Eskalator


Mal Pertama yang Punya dengan Eskalator
Mal yang sudah berusia 37 tahun ini konon menjadi tempat jalan-jalan warga Malang yang mempunyai eskalator atau tangga berjalan pertama. Belum ada tempat serupa yang mempunyai tangga mesin.

Selain sebagai plaza tertua di Kota Malang, Plaza Malang juga merupakan salah satu dari 3 penyedia layanan Bioskop 21 di Kota Malang. Dahulunya Plaza Malang terkenal sebagai centra fashion dan pusat perbelanjaan utama di pusat Kota, namun seiring berjalannya waktu kini Malang Plaza lebih didominasi oleh kios kios handphone dan perangkat elektronik lain.

Baca juga: Malang Plaza Luluh Lantak Akibat Kebakaran, Begini Penampakannya!

Meski demikian, tak semua stan berubah fungsi. Salah satu yang masih bertahan dari dahulu hingga sekarang adalah gedung Bioskop Mandala 21. Bahkan, semakin lama gedung bioskop ini semakin bagus dan terus direnovasi untuk memberikan kenyamanan menonton bagi para pengunjungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)