Ratusan Pemudik Diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo ke Jakarta

Jum'at, 28 April 2023 - 11:06 WIB
loading...
Ratusan Pemudik Diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo ke Jakarta
Ratusan pemudik Program Mudik Gratis (Mutis) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberangkatkan menuju Jakarta dari Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jumat (28/04)
A A A
SOLO - Ratusan pemudik Program Mudik Gratis (Mutis) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberangkatkan menuju Jakarta dari Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jumat (28/04/2023). Total ada 792 pemudik yang mengikuti program tersebut. Mereka diangkut menggunakan 33 bus.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Suharto mengatakan, seluruh pemudik yang mengikuti program ini dari 8 kota diberangkatkan ke Jakarta serentak hari ini.

Adapun kota yang dimaksud di antaranya Surabaya, Madiun, Solo, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri dan Cirebon.

Kemenhub mengerahkan 126 armada bus untuk mengangkut 5.040 pemudik dari 8 kota itu. "Seperti tahun-tahun lalu kami mencoba melakukan evaluasi, ternyata pemudik paling banyak adalah wilayah Jabodetabek," ujarnya.

Baca juga: Polsek Muntilan Selesaikan Kasus Pencurian Pisang Secara Kekeluargaan

Suharto menjelaskan, dari sekitar 30 juta penduduk, sekitar 54 persen atau sekitar 18,8 juta yang melakukan mudik. Para pemudik ini menjadi sasaran dari Kemenhub memberikan fasilitas Mutis sebagai upaya menekan angka kecelakaan saat masa lebaran.

"Ini yang kemarin kami fasilitasi untuk menggerakkan arus mudik. Karena banyak dari mereka ingin menggunakan kendaraan pribadi. Kalau mereka bergerak secara bersamaan otomatis resiko kecelakaan sangat tinggi," beber dia.

Selain Program Mutis Kemenhub, pihak Terminal Tirtonadi juga memberangkatkan 1.680 orang yang mengikuti program mudik gratis Pemprov DKI yang diangkut menggunakan 42 bus.

Selain itu, pada Rabu (26/04) sebanyak 125 sepeda motor milik para pemudik tersebut telah diberangkatkan. Perinciannya, 45 sepeda motor di program Kemenhub dan 80 motor di program Pemprov.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)