Pendaftaran Bacaleg Pakai Silon KPU, Perindo Sumsel: Semoga Lebih Efektif

Kamis, 27 April 2023 - 18:55 WIB
loading...
Pendaftaran Bacaleg Pakai Silon KPU, Perindo Sumsel: Semoga Lebih Efektif
Sekretaris DPW Partai Perindo Sumsel, Yuseva.. Foto/iNews TV/Muhammad Riza Vahlevi
A A A
PALEMBANG - Mekanisme baru untuk pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke KPU Sumsel, akan mulai diterapkan pada Senin (1/5/2023) mendatang. Partai politik peserta Pemilu 2024, tidak perlu lagi membawa hardcopy ke KPU Sumsel, cukup mengunggah data bacaleg secara online dan menyerahkan softcopy ke KPU Sumsel.



Penerapan mekanisme baru dalam pendaftaran bacaleg, melalui Sisten Informasi Pencalonan (Silon) KPU tersebut, sudah disosialisasikan KPU Sumsel ke masing-masing partai politik peserta Pemilu 2024. Diharapkan, masing-masing partai politik dapat secara serius dalam mengunggah data bacaleg tersebut.



Sekretaris DPW Partai Perindo Sumsel, Yuseva menyambut baik penggunaan teknologi informasi dalam pendaftaran bacaleg ini, yakni melalui Silon KPU. "Semoga dengan penggunaan Silon KPU dalam pendaftaran bacaleg ini, akan lebih efektif," tegasnya.



Dia mengatakan, seluruh bacaleg Partai Perindo, dipastikan sudah siap untuk mendaftarkan diri ke KPU Sumsel melalui Silon KPU. "Para bacaleg Partai Perindo, yang tersebar di 10 daerah pemilihan (Dapil) di Sumsel, sudah siap sepenuhnya dalam menghadapi pendaftaran bacaleg ini," tegasnya.

Melalui mekanisme baru dalam pendaftaran bacaleg ini, menurut Ketua KPU Sumsel, Amrah Muslimin, diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien, karena memakai sistem online melalui aplikasi Silon KPU. "Sekarang pendaftaran bacaleg cukup melalui aplikasi Silon KPU," tegasnya.



Pendaftaran bacaleg akan dimulai pada Senin (1/5/2023). Masing-masing partai politik, akan mengunggah data-data bacaleg melalui aplikasi Silon KPU, dan untuk pendaftaran di KPU cukup membawa softcopy, tidak perlu lagi membawa hardcopy.

Untuk meningkatkan pemahaman partai politik dalam mengelola Silon, KPU Sumsel juga memberikan pembekalan bimbingan teknis pengelolaan aplikasi Silon, yang dapat digunakan partai politik untuk mengajukan bacaleg.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)