Angkatan Muda Padang Lawas Gelar Halalbihalal 2023: Organisasi Ini Bukan Hidup dari Proposal

Rabu, 26 April 2023 - 19:25 WIB
loading...
Angkatan Muda Padang Lawas Gelar Halalbihalal 2023: Organisasi Ini Bukan Hidup dari Proposal
Angkatan Muda Padang Lawas (AMP) menggelar acara silaturahmi halalbihalal akbar se-Indonesia bertempat di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan, Padang Lawas, Sumatera Utara, Selasa, 25 April 2023. (Ist)
A A A
PADANG LAWAS - Angkatan Muda Padang Lawas (AMP) menggelar acara silaturahmi halalbihalal akbar se-Indonesia bertempat di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan, Padang Lawas, Sumatera Utara, Selasa, 25 April 2023.

Acara ini dihadiri ratusan kader AMP dari berbagai daerah di Padang Lawas. Mereka yang hadir umumnya berlatar belakang mahasiswa.

Ketua Panitia halalbihalal AMP, Samsul Bahri Hasibuan, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua diadakan oleh AMP. Acara serupa pernah diadakan pada 2019 lalu, bertepatan dengan pelaksanaan program AMP, "Mudik Gratis Tu Palas".

Pada 2020, halalbihalal ditiadakan karena masih dalam masa Covid-19. Menurut Samsul, pada 2021-2022 acara silaturahmi AMP diadakan dengan format buka puasa bersama dan selalu dihadiri oleh ratusan anggota.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua kader yang antusias hadir pada acara silaturahmi tahun ini. Pria yang akrab disapa Samba ini berharap acara halalbihalal bisa makin mempererat hubungan keluarga besar AMP.

"Halalbihalal ini bertema 'Indahnya Silaturahmi Satukan Tangan dan Satukan Hati'. Kita berharap ke depan tema ini menjadi pemersatu bagi semua kader AMP yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia," katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Acara halalbihalal diisi dengan ceramah agama yang disampaikan dai muda dari Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal, Fahrurozi Hasibuan.

Pria yang juga Ketua DPC AMP Mandailing Natal ini mengurai makna halalbihal dan tema yang diusung oleh AMP.

Rozi menuturkan, sejak ditetapkan sebagai tradisi rutin oleh tokoh Nadhlatul Ulama KH Abdul Wahab Hasbullah pada 1948, halalbihalal bukan lagi menjadi cara silaturahmi antar-pemimpin politik, melainkan sudah banyak digiati oleh berbagai kalangan, termasuk mahasiswa.

"Halalbihalal sudah diikuti masyarakat Indonesia secara luas, terutama masyarakat muslim sebagai pengikut para ulama. Hingga kini halalbihalal menjadi tradisi di Indonesia," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)