162 Calon Berebut Kursi Kades di Kolaka Utara, 606 Petugas Keamanan Disiagakan

Rabu, 26 April 2023 - 13:54 WIB
loading...
162 Calon Berebut Kursi Kades di Kolaka Utara, 606 Petugas Keamanan Disiagakan
Hari pertama kerja, Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Parinringi menyiagakan 606 pasukan pengamanan di lapangan Aspirasi, Kecamatan Lasusua, Rabu (26/4/2023).
A A A
KOLAKA UTARA - Hari pertama kerja, Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Parinringi menyiagakan 606 pasukan pengamanan di lapangan Aspirasi, Kecamatan Lasusua, Rabu (26/4/2023). Mereka dipersiapkan guna mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) pada 30 April 2023.



Pj Bupati Parinringi mengatakan sebanyak 162 calon kepala desa (cakades) siap berkompetisi memperebutkan 67 kursi kepala desa (kades). Proses persiapan yang berjalan saat ini diklaim sangat baik dan diharapkan tuntas dengan aman dan lancar.

"Cakades dan khususnya simpatisan saya ingatkan jangan menciderai proses birokrasi. Jadi contoh pendidikan politik yang baik kepada masyarakat," katanya menekankan.

Para calon yang akan bertarung diharapkan patuh aturan dan mengontrol masing-masing tim pemenangannya. Untuk mengantisipasi hal itu, pihak pengamanan baik TNI-Polri dan sipil diharapkan mengoptimalkan deteksi dini.

Parinringi meminta jaminan stabilitas kamtibmas TNI-Polri agar perhelatan tetap kondusif sepanjang proses pemungutan suara berlangsung. "Tetap netral, tindak tegas para pelaku tindak pidana dalam pilkades ," tegasnya.

Untuk diketahui, gelar pasukan di lapangan Aspirasi juga diikuti deklarasi damai. Sebanyak 606 petugas keamanan yang ditempatkan pada 67 desa akan bertugas hingga proses pemungutan suara berakhir.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)