Dramatis! Di Tengah Kemacetan Exit Tol Bocimi, Ibu Rumah Tangga Melahirkan Bayi Perempuan

Senin, 24 April 2023 - 15:12 WIB
loading...
Dramatis! Di Tengah Kemacetan Exit Tol Bocimi, Ibu Rumah Tangga Melahirkan Bayi Perempuan
Ibu rumah tangga warga Ciambar, melahirkan di Posko Utama Mudik Lebaran Polres Sukabumi. Foto/MPI/Dharmawan Hadi
A A A
SUKABUMI - Di tengah kemacetan pintu ke luar atau exit tol Bogor Caimi Sukabumi (Bocimi), di wilayah Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, seorang ibu rumah tangga melahirkan bayi perempuan. Proses kelahiran bayi tersebut dilakukan di Posko Utama Mudik Lebaran Polres Sukabumi, Senin (24/4/2023).



Ibu rumah tangga yang diketahui bernama Yani Suryani, warga Nyalindung, Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi tersebut, tengah hamil besar. Saat kejadian, ibu muda ini sedang dalam perjalanan menuju RSUD Sekarwangi Cibadak, karena merasakan mulas yang luar biasa.



Kepadatan arus lalu lintas di exit tol Parungkuda yang meningkat, membuat ambulans yang membawa Yani Suryani tidak dapat bergerak dengan cepat. Dikawatirkan Yani Suryani akan melahirkan saat berada di tengah perjalanan, dan tidak mendapatkan pertolongan medis yang memadai.



Lalu untuk memberikan pertolongan darurat, Yani Suryani dibawa ke Posko Utama Mudik Lebaran Polres Sukabumi, untuk dilakukan penanganan melahirkan yang dibantu oleh Bidan Puskesmas Parungkuda. Setelah mendapatkan penanganan, akhirnya terdengar suara tangisan bayi perempuan cantik di posko mudik tersebut.

Ayah bayi perempuan cantik tersebut, Ikin (45) merasa bersyukur anak dan istrinya selamat, walaupun persalinan dilakukan dalam keadaan darurat. Ikin mengaku sempat dihantui rasa khawatir, namun akhirnya ia bisa bernapas lega melihat anaknya lahir.

Dramatis! Di Tengah Kemacetan Exit Tol Bocimi, Ibu Rumah Tangga Melahirkan Bayi Perempuan


"Ini merupakan anak ketiga kami, dan ini baru pertama kalinya melahirkan anak di jalan. Sepanjang jalan saya was-was dengan kondisi kehamilan istri yang akan melahirkan sedangkan arus lalu lintas di jalan raya terjadi kepadatan karena banyak wisatawan yang akan berlibur di Sukabumi," ujar Ikin.

Sebelumnya, lanjut Ikin, istrinya tersebut ditangani oleh petugas medis di puskesmas di wilayah tempat tinggalnya. Namun karena sesuatu hal, akhirnya harus dirujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak. Tetapi karena padatnya lalu lintas, akhirnya melahirkan di pos mudik.



Sementara itu Kader Posyandu Desa Munjul yang menangani Yani Suryani mengatakan, bahwa kondisi pasien ibu hamil tersebut mengalami tekanan darah tinggi. Bayi perempuan yang baru lahir tersebut, mendapatkan perawatan di Puskesmas. Sedangkan Ibunya dibawa ke RSUD Sekarwangi, untuk mendapatkan penganan medis pasca melahirkan dan penyakit darah tingginya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)