SIKM Dihilangkan, Penerbangan Bandung-Jakarta Bakal Menggeliat

Selasa, 21 Juli 2020 - 11:51 WIB
loading...
SIKM Dihilangkan, Penerbangan Bandung-Jakarta Bakal Menggeliat
PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung optimistis penerbangan ke Jakarta kembali menggeliat, pasca dicabutnya SIKM ke DKI Jakarta. FOTO Ilustrasi : DOK SINDOnews
A A A
BANDUNG - PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung optimistis penerbangan domestik antar daerah terutama ke Jakarta akan kembali menggeliat, pasca dicabutnya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ke DKI Jakarta.

Plt Excecutive General Manager AP II Husein Sastranegara Bandung Iwan Winaya Mahdar mengatakan, saat ini ada satu maskapai yang melayani penerbangan Bandung-Jakarta yaitu Citilink. Maskapai ini terbang dari Bandung ke Halim Perdana Kusuma.

"Saat ini, hanya ada Citilink yang melayani penebangan Bandung-Jakarta atau sebaliknya. Mudah mudahan dengan ditiadakannya SIKM untuk penumpang masuk ke DKI Jakarta, penebangan akan kembali menggeliat," kata Iwan, Selasa (21/7/2020).

Dia berharap, kedepan akan ada maskapai lainnya seperti Wings Air atau Lion Air yang melayani perbangan jarak dekat tersebut. Saat ini, Citilink juga telah melayani penerbangan Bandung-Yogyakarta. (Baca juga : Jadi Lebih Mudah, Bandara Soekarno-Hatta Tak Lagi Periksa SIKM )

Sementara itu, sebelumnya Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid mengatakan, saat ini pemeriksaan yang dilakukan terhadap traveler yang mendarat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma hanya terkait Health Alert Card (HAC) atau electronic Health Alert Card (e-HAC), serta pengukuran suhu tubuh melalui thermal scanner.

“Sudah tidak ada lagi pemeriksaan SIKM, namun tetap dilakukan pemeriksaan HAC atau e-HAC, dan pengukuran suhu tubuh bagi penumpang yang tiba,” ujar Muhamad Wasid.

Adapun untuk HAC atau e-HAC diisi oleh traveler sebelum melakukan perjalaan atau saat memproses keberangkatan di bandara keberangkatan (origin), dan dilakukan pemeriksaan HAC di bandara tujuan (destination).

Saat memproses keberangkatan, traveler juga menjalani protokol pemeriksaan identitas diri dan pemeriksaan surat hasil rapid test atau PCR test.(Baca juga : SIKM Dihapus di Bandara Soetta dan Halim, AP II Lakukan Pemeriksaan Ini )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)