Cegah Penularan Covid-19 Varian Omicron Arcturus, Dinkes Bintan Imbau Waga Waspada

Sabtu, 22 April 2023 - 18:42 WIB
loading...
Cegah Penularan Covid-19 Varian Omicron Arcturus, Dinkes Bintan Imbau Waga Waspada
Dinkes Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 varian omicron arcturus. Foto/Ilustrasi
A A A
BINTAN - Warga Kabupaten Bintang, Kepulauan Riau (Kepri), diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 saat perayaan Idulfitri 1 Syawal 1444 H. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan, menyebut, kewaspadaan perlu ditingkatkan terhadap penularan Covid-19 varian Omicron Arcturus.



Kepala Dinkes Kabupaten Bintan, Gama AF Isnaini mengatakan, Covid-19 varian Omicron Arcturus sudah masuk ke Indonesia, yang disinyalir berasal dari India. "Sekitar empat hari lalu, terkonfirmasi ada tujuh kasus Covid-19 varian Omicron Arcturus di Jakarta," katanya.



Sementara berdasarkan data WHO, kata dia, sudah ada sekitar 28 negara yang terpapar Covid-19 varian Omicron Arcturus. Termasuk negara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepri, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.



Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat dengan mematuhi 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Apalagi mobilitas masyarakat selama lebaran cukup tinggi dengan saling kunjung-mengunjungi antarsesama.

Selain itu, masyarakat juga diimbau meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengikuti vaksinasi booster agar terhindar dari penularan Covid-19 varian Omicron Arcturus. "Meskipun varian baru itu belum ditemukan di Kepri, namun kita tak boleh lengah dan harus tetap waspada," ujar Gama.



Gama turut mengimbau terutama pemudik yang datang dari luar daerah atau luar negeri, supaya segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan bila ada gejala-gejala, seperti flu, batuk, pilek, serta mata merah.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)