Penjaga Palang Pintu KA Rela Tak Lebaran dengan Keluarga demi Kelancaran Arus Mudik

Jum'at, 21 April 2023 - 10:39 WIB
loading...
Penjaga Palang Pintu KA Rela Tak Lebaran dengan Keluarga demi Kelancaran Arus Mudik
Penjaga palang pintu kereta api rela tak berlebaran dengan keluarga demi kelancaran arus mudik dan balik.
A A A
MALANG - Peran penjaga perlintasan kereta api tak bisa dianggap remeh di hari-hari ketika arus mudik dan balik lebaran tiba. Selain demi menjaga keamanan masyarakat, petugas penjaga palang pintu juga menjadi salah satu faktor penting di perjalanan kereta api.

Salah satu dari sekian petugas penjaga perlintasan kereta api dengan jalan raya adalah Hariono. Ia bertugas di perlintasan KA pada Jalan Zainal Zakse, Kelurahan Jodipan, Kota Malang.

Jalur ini juga menjadi penghubung kereta-kereta jarak jauh ke arah barat baik menuju Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Bandung, hingga Jakarta. Tercatat KA Gajayana, KA Matarmaja, KA Bima, KA Brawijaya, hingga KA Malioboro Ekspres berangkat dari Malang menuju beberapa stasiun di wilayah barat Pulau Jawa.

Belum lagi sejumlah kereta api lokal, yang membuat hampir tiap jam setidaknya ada tiga sampai lima kereta api melintas setiap jamnya. Kereta api aglomerasi KA Tawangalun dengan relasi Stasiun Malang Kota Lama Stasiun Ketapang Banyuwangi juga melintasi palang pintu resmi yang dijaga Hariono.

Baca juga: Mobil Rombongan Pemudik Terguling di Jombang, 4 Penumpang Luka

Selain kereta api mengangkut penumpang orang dan barang, ada satu kereta api yang tak kalah sering melintas yakni KA Pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Terminal Pertamina Malang yang ada di Jalan Halmahera.

Jalan ini juga lokasinya tak jauh dari jalan provinsi yang menghubungkan daerah-daerah di jalur selatan Jawa Timur, mulai Blitar, Tulungagung, dan Kabupaten Malang. Lokasinya juga tak jauh dari Pasar Kebalen, salah satu pasar tradisional warga, kian membuat jalur perkeretaapian ini ramai dilintasi.

Di sisi lain, Jalan Zainul Zakse merupakan salah satu titik lalu lintas terpadat. Tak jauh dari perlintasan kereta api itu jalan raya provinsi yang mengarah dari Malang ke Blitar, dan beberapa daerah di selatan Pulau Jawa. Hal ini kerap kali menimbulkan kepadatan lalu lintas bila palang pintu perlintasan KA ditutup lama.

Apalagi di saat pagi hari dan sore keramaian kian bertambah, tugasnya kian berat saat memasuki masa arus mudik seperti lebaran 2023 ini. Tak jarang penambahan jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Malang Kota Baru ke beberapa stasiun di Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jakarta menjadikan beban kerjanya sedikit bertambah.

"Biasanya kalau lebaran gini keberangkatan kereta api tambah, karena kan ada kereta lebaran yang dioperasikan. Apalagi ini kan mudik sudah diperbolehkan tidak ada batasan, jadi masyarakat antusias naik kereta, tentu ini berpengaruh juga," ucap Hariono, penjaga palang pintu perlintasan KA, ditemui MPI di perlintasan KA Jalan Zainal Zakse.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)