Dua Warga dengan Gangguan Jiwa di Riau Dinyatakan Positif COVID-19

Selasa, 21 Juli 2020 - 06:47 WIB
loading...
Dua Warga dengan Gangguan Jiwa di Riau Dinyatakan Positif COVID-19
Dua warga berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Riau dinyatakan tertular COVID-19. Saat ini pasien dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Kota Pekanbaru. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Dua warga berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Riau dinyatakan tertular COVID-19 . Saat ini pasien dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Kota Pekanbaru.

Pasien ODGJ yang terkonfirmasi corona adalah seorang wanita berinisial AN (53) yang merupakan warga Kabupaten Kampar. Pasien memiliki keluhan gelisah, marah-marah, bicara sendiri, putus obat, demam, batuk, pilek, sakit pada tenggorokan.

"Dari hasil rontgen dinyatakan bronkitis," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Riau, Indra Yopi, Senin (20/7/2020).

Dia mengatakan, kedua pasien diketahui positif corona saat melakukan tes kejiwaan. Namun karena ada keluhan batuk, filek, demam dilakukan rapid test dilanjutkan dengan swab.

"Kalau RSJ sudah mempunyai teknik untuk melakukan rapid test dan swab. Jangan swab, tenaga medis di sana juga sudah terbiasa memasang infus yang tentu lebih rumit," imbuhnya. (Baca: BNPB Dorong Pemda Sorong Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir- Longsor).

Pasien yang juga berstatus ODGJ adalah L (39), wanita yang juga merupakan warga Kabupaten Kampar. Pasien juga mengalami keluhan gelisah, marah-marah, meresahkan warga, bicara sendiri, demam, batuk, pilek, sakit pada tenggorokan.

Petugas pun melakukan swab. "Hasilnya sama, keduanya positif. Belum diketahui dari mana mereka tertular," tukas Yopi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)