Hasil Survei, Ini Caleg Golkar yang Diprediksi Lolos ke Senayan dari Dapil Jateng V

Selasa, 18 April 2023 - 08:39 WIB
loading...
Hasil Survei, Ini Caleg Golkar yang Diprediksi Lolos ke Senayan dari Dapil Jateng V
Persaingan caleg untuk DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) V, dipastikan bakal ketat. (Ist)
A A A
SEMARANG - Persaingan calon legislatif (caleg) untuk DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) V, dipastikan bakal ketat. Partai Golkar diprediksi memiliki sejumlah caleg potensial bisa lolos ke Senayan.

Hal ini berdasarkan survei pemilu The Republic Institute untuk anggota DPR RI di dapil Jateng V yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Partai Golkar punya lima calon teratas berdasarkan elaktabiltas.

Survei The Republic Institute bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang perilaku pemilih masyarakat Dapil Jateng V. Survei dilakukan terhadap 800 responden pada 29 Maret - 11 April 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Multistage Random Sampling, dengan responden margin of error sebesar 3,2 persen.

Hasil survei, lima besar bakal caleg dari Partai Golkar yang memiliki elektabilitas tinggi, yakni Henry Indraguna di urutan pertama sebesar 6,2 persen, Singgih Januratmoko 3,2 persen, Endang Srikarti Handayani 2,7 persen, Agustian Budi Prasetya 1,0 persen, Evandra Subagyo 0,2 persen.

Menanggapi hasil survei The Republic Institute ini, Henry Indraguna menyampaikan rasa syukur berada di posisi teratas caleg Partai Golkar di dapil Jateng V.

“Hasil survei ini menunjukkan pemilih yang menjadi sampel memutuskan untuk memilih saya jika pemilu dilaksanakan sekarang," tutur Henry Indraguna melalui pesan tertulis, Selasa (18/4/2023).

"Ini sejalan dengan program program yang terus kita gulirkan selama ini di dapil V Jateng, meliputi Klaten, Sukoharjo, Boyolali dan Kota Surakarta," tambah Anggota Tim Ahli Bidang Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpes) itu.
Hasil Survei, Ini Caleg Golkar yang Diprediksi Lolos ke Senayan dari Dapil Jateng V


Diketahui, Jateng V merupakan dapil ketat dalam pemilu legislatif di Indonesia. Dapil ini mengirimkan tokoh-tokoh politik nasional ke Senayan.

Daerah pemilihan ini terdiri tiga kabupaten dan satu kota di Jawa Tengah. Sejak 2004, dapil ini diwakili oleh delapan anggota DPR RI.

Pada Pemilu 2019, delapan politisi yang berhasil lolos ke Senayan dari dapil Jateng V, yakni Aria Bima, Muchamad Nabil Haroen, Puan Maharani, dan Rahmad Handoyo, yang semuanya dari PDIP.

Kemudian, Abdul Kharis Almasyhari (PKS), Eva Yuliana (NasDem), Mohammad Toha (PKB), dan Singgih Januratmoko (Golkar).

Untuk Pemilu 2024, hasil survei menjagokan delapan nama yang lolos ke Senayan, yakni Puan Maharani, Aria Bima, Henry Indraguna, Abdul Kharis, Eva Yuliana, Nabil, M Toha, dan Bambang Riyanto.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)