Sisir Tol Purbaleunyi Km 100-130, Polisi Temukan Ratusan Paku dan Benda Tajam

Senin, 17 April 2023 - 19:00 WIB
loading...
Sisir Tol Purbaleunyi Km 100-130, Polisi Temukan Ratusan Paku dan Benda Tajam
olisi melakukan penyisiran paku dan benda tajam lainnya di ruas Tol Purbaleunyi dari KM 100 sampai KM 130 untuk mencegah adanya kendaraan yang mengalami kecelakaan selama arus mudik lebaran. Foto/Dok.Polres Cimahi
A A A
BANDUNG BARAT - Personel Satlantas Polres Cimahi menyisir bahu jalan di sepanjang ruas Tol Purbaleunyi, salah satu jalur utama pemudik dari wilayah Jakarta menuju kawasan Priangan Timur dan Jawa Tengah.

Upaya itu dilakukan untuk menyisir ranjau paku dan benda tajam lainnya yang berserakan di sepanjang bahu jalan tol tersebut. Sebab para personel yang dikerahkan melakukan penyisiran sambil membawa tongkat yang di ujungnya terdapat magnet.

"Penyisiran ranjau paku dilakukan sejak KM 100 Tol Purbaleunyi dari Jakarta arah Bandung sebagai jalur mudik. Hasilnya cukup banyak paku dan benda tajam yang berhasil diangkat dan dibersihkan," kata Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto, Senin (17/4/2023).

Dia mengatakan penyisiran ranjau paku dilakukan sejak KM 100 Tol Purbaleunyi dari Jakarta arah Bandung, yang masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Penyisiran hingga ke KM 130 yang merupakan batas wilayah Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Ridwan Kamil Titip Pesan Ini untuk Pemudik

Berdasarkan hasil penyisiran, lanjut dia, ada ratusan butir paku yang terangkat tongkat magnet tersebut. Selain itu ada juga benda tajam lainnya seperti silet, potongan pisau cutter, hingga kawat. Semua itu lalu dikumpulkan untuk dibuang ke tempat yang aman.

"Paku dan benda tajam itu kami buang ke tempat aman karena bisa membahayakan jika berserakan di permukaan jalan tol, dan berpotensi menyebabkan kecelakaan," tuturnya.

Menurutnya jika terkena ban kendaraan ketika sedang melaju kendang, maka kendaraan bakal kehilangan kendali. Itu bisa menyebabkan kecelakaan mobil seperti terguling, atau juga tabrakan beruntun, karena kendaraan banyak yang berhenti di bahu jalan.

"Kami antisipasi jangan sampai ada kecelakaan kendaraan di jalan tol akibat berbagai kendala di lapangan selama arus mudik lebaran, khususnya di wilayah hukum Polres Cimahi," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)