Tingkatkan Ekonomi Ponpes, GGN Jatim Dorong Budi Daya Ikan Lele

Minggu, 16 April 2023 - 09:46 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Ponpes, GGN Jatim Dorong Budi Daya Ikan Lele
Relawan GGN Jatim menggelar pelatihan budi daya ikan lele di Ponpes Roudlotul Ulum Jatigepluk, Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (15/4/2023). Dalam kegiatan ini mereka juga memberikan bibit ikan lele. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TRENGGALEK - Relawan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim mendorong kemajuan dan kesejahteraan pondok pesantren (ponpes). Salah satunya dengan pelatihan budi daya ikan lele.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ponpes Roudlotul Ulum Jatigepluk, Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Dalam kegiatan ini mereka juga memberikan bibit ikan lele. "Kami berikan bibit ikan lele sebanyak 2.000 ekor," kata Korwil GGN Jatim, Gus Alwy Hasan, Sabtu (15/4/2023).

Ikan lele memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena ikan lele kaya kandungan gizi.

Gus Alwy menyebut budi daya ikan lele sangat mudah dan hemat biaya. Dengan budi daya ini diharapkan bisa menghasilkan nilai ekonomis guna menunjang kesejahteraan ponpes dan masyarakat sekitar.

Beragam inovasi produk olahan yang terbuat dari ikan lele seperti keripik lele, lele asap, abon, kerupuk dan lain sebagainya.

"Harapan kami, ponpes bisa lebih mandiri dan lebih sejahtera dan lebih bisa entrepreneur. Lebih bisa berkreasi dalam bidang ekonomi," ungkapnya.

Pengasuh Ponpes Roudlotul Ulum Jatigepluk, Gus Bahauddin Asyrofi mengatakan budi daya lele ini dapat menjadi potensi ekonomi baru di lingkungan tersebut. Mengingat, kawasan Desa Kedunglurah itu mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani.

"Mungkin ini salah satu untuk terobosan ke depan agar masyarakat Kedunglurah akan mengalami pertumbuhan perekonomian yang signifikan," kata Gus Bahaudin.

GGN Jatim bersama santri, pengasuh ponpes, dan masyarakat setempat juga menggelar doa bersama untuk negeri. Selain itu, mereka turut mendoakan agar langkah Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 bisa tercapai.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5996 seconds (0.1#10.140)