Emak-emak Nelayan Madasari Belajar Membuat Keripik Kelapa

Sabtu, 15 April 2023 - 11:19 WIB
loading...
Emak-emak Nelayan Madasari Belajar Membuat Keripik Kelapa
Relawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Jabar melatih emak-emak nelayan mengolah kelapa menjadi cemilan keripik di Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran, Jumat (14/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Relawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Jabar mendorong kaum ibu Pesisir Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran agar lebih produktif, mandiri, dan berdaya. Mereka dilatih mengolah kelapa menjadi cemilan keripik.

Diketahui, potensi kelapa di wilayah tersebut sangat tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pangandaran dalam angka pada 2022, jumlah produksi kelapa di Kecamatan Cimerak merupakan terbanyak kedua, mencapai 7.911,43 ton per 2021.

Di sisi lain, mereka juga membangun Rumah Produksi Keripik Kelapa, modal usaha, dan ketersediaan pemasaran produk. "Kegiatan ini untuk membantu perekonomian masyarakat nelayan," kata Koordinator Nelayan Wanita Sadulur Ganjar Madasari, Esih Sukaesih di Pantai Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jumat (14/4/2023).

Rumah produksi keripik kelapa itu akan menjadi pusat pengembangan, pelatihan hingga menyerap tenaga kerja kaum ibu demi membantu pendapatan warga sekitar. "Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan ibu-ibu nelayan bisa memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat Madasari bisa sejahtera," jelasnya.

Aidah (30), salah satu nelayan wanita dari Dusun Madasari menyambut baik kegiatan ini. "Mudah-mudahan dengan adanya acara ini ibu-ibu bisa lebih berkembang, lebih maju, dan lebih mandirilah untuk membantu keluarga," kata Aidah.

Di sela-sela kegiatan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar bersama ibu-ibu setempat menggaungkan dukungan untuk Ganjar Pranowo. Ganjar dinilai aktif dalam mengatasi segala permasalahan, dan keluhan-keluhan masyarakat dengan gaya kepemimpinannya tanpa sekat.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)